“Ihya’ Ramadhan Goes to School”, kegiatan ini merupakan salah satu di antara rangkaian program yang dilaksanakan oleh Panitia Ihya’ Ramadhan 1439 H. Mengambil tema: “Menumbuhkan Keshalehan Literasi di Bulan Suci Ramadhan Pada Siswa”. Acara ini dilaksanakan mulai 1 s.d. 6 Juni 2018. Dengan 4 sekolah menjadi tujuan yakni, SMA N 3 Pontianak, SMK N 3 Pontianak, MAN 1 Pontianak, dan SMA Haruniyah Pontianak.

Sebagaimana diterangkan oleh koordinator kegiatan ini, Fachrul Rizal, M.Pd, bahwa masing-masing sekolah yang bekerjasama dengan Panitia Ihya’ Ramadhan IAIN Pontianak, sangat antusias dan berharap kegiatan Ihya’ Ramadhan Goes to School ini terlaksana dengan lancar serta membuahkan karya tulis yang orisinil lahir dari siswa-siswi di sekolah mereka.
“Sekolah salah satu tempat ideal menjadi kawah candradimuka lahirnya penulis di kalangan siswa, tetapi saat ini yang menjadi hambatan adalah kurangnya motivasi literasi di kalangan siswa dan masih banyak sekolah yang belum mengetahui cara menumbuhkan kesadaran literasi di kalangan siswa tersebut. Oleh karenanya dalam kesempatan ini kami ingin mengambil peran melalui Gerakan Literasi Sekolah.” ujarnya.

Ketua Panitia Ihya’ Ramadhan, Syamsul Kurniawan, M.S.I menjelaskan, Ihya’ Ramadhan Goes to School dirancang untuk memanfaatkan momentum Bulan Ramadhan sebagai bulan literasi. Hal ini kemudian direalisasikan dengan kegiatan berkunjung ke sekolah-sekolah sekaligus mengampanyekan pentingnya budaya literasi pada generasi milineal, yang dalam hal ini anak-anak usia SMA/MA/Sederajat.
“Bentuk kegiatan di samping sosialisasi menulis juga dirangkai dengan praktik menulis. Hal ini dirasa penting, dalam konteks mewujudkan komitmen IAIN Pontianak dalam mengampanyekan budaya literasi di tengah-tengah masyarakat, termasuk pada generasi milineal. Produk yang akan dihasilkan dalam kegiatan ini yakni buku-buku yang diterbitkan dari hasil pelatihan itu sendiri.” pungkasnya.(Septian Utut).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here