Tingkatkan Kualitas Pengetahuan dan Keterampilan Mahasiswa, FTIK IAIN Pontianak Gelar Praktikum Dasar

Kegiatan praktikum dapat dimanfaatkan untuk beberapa kegiatan yang mengasah keterampilan mahasiswa. Sekurang-kurangnya praktikum pembelajaran dapat dimanfaatkan untuk melatih keterampilan-keterampilan yang dibutuhkan mahasiswa atau paling tidak untuk memberi kesempatan pada mereka, sehingga dapat menerapkan dan mengintegrasikan pengetahuan serta keterampilan yang dimilikinya secara nyata dalam kegiatan praktik. Tujuannya adalah untuk meningkatkan kualitas pengetahuan dan keterampilan mahasiswa.

Hal ini sejalan dengan komitmen Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak dalam meningkatkan mutu pembelajaran mahasiswa. Demikian hal ini disampaikan oleh Dr. Hj. Lailial Muhtifah, M.Pd. selaku Dekan FTIK IAIN Pontianak pada pembukaan Praktikum Dasar Fakultas di Auditorium Syeikh Abdul Rani Mahmud IAIN Pontianak, 06 September 2017.

Kegiatan Praktikum Dasar FTIK IAIN Pontianak, sebagaimana dilaporkan oleh Ketua Panitia Pelaksana, Syamsul Kurniawan, S.Th.I., M.S.I, tahun ini diikuti oleh sejumlah 440 peserta dari empat Jurusan yang ada di FTIK, yaitu Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI), Pendidikan Bahasa Arab (PBA), Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD), dan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI). Tujuannya adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan mahasiswa dalam bidang qiraah dan praktik ibadah, bahasa Arab dan bahasa Inggris, serta kemampuan memanfaatkan komputer untuk kepentingan pembelajaran.

Ada 13 rombel yang disiapkan dan 52 instruktur untuk menyukseskan kegiatan praktikum dasar ini. Kegiatan yang bersumber dari DIPA IAIN Pontianak, sebagaimana dijelaskan oleh Syamsul, berlangsung dari awal bulan September hingga akhir bulan Oktober 2017. Untuk memperlancar  pembelajaran praktikum juga telah disiapkan empat modul praktikum yaitu modul praktikum qiraah dan ibadah, modul praktikum bahasa Inggris, modul praktikum bahasa Arab, dan modul praktikum komputer dasar.

Dalam acara pembukaan praktikum, mahasiswa nampak antusias mengikuti kegiatan tersebut. Hadir pula dalam pembukaan kegiatan Praktikum Dasar FTIK IAIN Pontianak, Wakil Dekan 1 Eka Hendry Ar., M.Si., M.Pd, para Ketua Jurusan di lingkungan Fakultas, serta para instruktur. (Dim)

Related Posts

Leave A Comment