Diskusi Perdana Dosen FUAD, Hadirkan Profesor Luar Negeri Peneliti Borneo

0
570 views

Pontianak (iainptk.ac.id) — Kamis, 13 Februari 2020, Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah IAIN Pontianak, mengadakan Launching Diskusi Dosen bersama Prof. Dr. James Thomas Collins, dengan tema “Bahasa dan Psikologi: Agenda Penelitian di Borneo”.

Pada kegiatan tersebut dihadiri dan dibuka oleh Rektor IAIN Pontianak Dr. H. Syarif, MA, hadir pula Wakil Rektir Bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga Dr. Firdaus Achmad, M.Hum, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama Dr. Abdul Mukti, MA, Dekan FUAD Dr. Ismail Ruslan, M.Si dan para dosen IAIN Pontianak serta peneliti-peneliti Kalbar.

Kegiatan tersebut merupakan agenda perdana untuk menyuburkan diskusi ilmiah dikalangan dosen. Sesi perdana ini juga untuk mensupport akreditasi program studi Psikologi Islam.

Rektor IAIN Pontianak dalam sambutannya menyampaikan akan pentingnya Diskusi yang dilakukan oleh para dosen terutama dalam pokok Bahasan jurnal penelitian yang akan diterbitkan oleh para dosen dalam kajian penelitianya untuk menunjang akreditasi dan peningkatan kualitas para dosen dalam bidang penelitian.

Begitu juga Pembahasan Prof. Dr. James Thomas Collins yang menitik beratkan akan pentingnya lingkar penelitian di Borneo, terutama menjaga keseimbangan komunitas dengan lingkungan alam. Borneo juga memiliki keragaman serta banyaknya bahasa yang perlu diketahui terutama dari masyarakat  Melayu dan Dayak pedalaman, dan suku-suku lainya beserta sejarah   masuknya kolonial pada abad 19 yang dilakuan oleh orang Belanda untuk meriset budaya serta bahasa yang ada dimasyarakat Borneo. Beliau juga mengatakan pentingnya mempertahankan bahasa asli dari beberapa daerah dan keutuhan budaya yang ada di Borneo.
Di abad 21 terjadi krisis kontemporer, yang mana daya tahan bahasa daerah, pewarisan budaya lokal, dan pelestarian alam sekitar semakin melemah.
Sebagai penutup, beliau memberikan saran akan pentingnya psikologi dan penyuluhan dalam menangani krisis kontemporer tersebut.

Narasumber yang lain Dr. H. Hariansyah, M.Si menyampaikan materi tentang Penelitian Psikologi Islam di Borneo. Beliau mengatakan ilmu ini masih baru dan masih sangat terbatas penelitian-penelitian tentang hal tersebut. Transdisipliner penelitian perlu digalakkan lagi, apalagi terkait dengan Psikologi Islam.

Editor: Mulyadi
Penulis: Randu Prima/Didi Darmadi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here