Siapkan Perbankan Syari’ah Jadi Prodi Unggulan

0
3,008 views

promosi#2

Jurusan Syari’ah kini tengah berbenah dengan prodi baru, yaitu Prodi Perbankan Syari’ah. Tahun 2012 lalu Prodi Perbankan Syari’ah telah menerima pengalihan mahasiswa baru, tahun ini sudah menerima secara langsung calon mahasiswa baru.

Dikatakan Rasiam, MA Ketua Pembentukan Prodi Perbankan Syari’ah (30/5), “diperkirakan pada tahun 2013 ini, Prodi Perbankan Syari’ah akan banyak diminati mahasiswa, kehadiran Prodi Perbankan Syari’ah ini tidak hanya marketable akan tetapi juga untuk menjawab kebutuhan pasar hal ini karne berbanding lurus dengan perkembangan pasar Perbankan Syariah”.

promosi#3
Rasiam, MA. Ketua Pembentukan Prodi Perbankan Syari’ah STAIN Pontianak

Menurutnya, awal pembentukan memang ada beberapa pilihan prodi yang cukup tepat untuk dipilih. Antara lain terdapat beberapa program studi baru yang diusulkan, di Jurusan Syariah misalnya terdapat dua program studi lain yaitu Manajemen Syariah dan Ahwal al Syakhshiyah.

Dua program studi ini sudah masuk sidang pertama yaitu periode April tahun 2013, dan insya Allah jika tidak ada kendala, sudah akan ada informasi pada pertengahan tahun ini yaitu kira-kira pada bulan Juli nanti. Akan tetapi jika masih ada koreksi untuk diperbaiki maka akan diusulkan kembali (tentunya setelah perbaikan) dan akan diusulkan kembali agar bisa masuk pada sidang kedua. Sidang kedua ini akan berlangsung pada bulan Agustus 2013 mendatang, paparnya.

Dijelaskan Rasiam, MA dibanding dengan dua prodi tadi, Prodi Perbankan Syari’ah lebih cepat mendapat izin operasionalnya, bahkan untuk saat ini sudah berjalan mahasiswa semester 3. Seiring dengan perkembangan pasar dirinya berkeyakinan Prodi Perbankan Syari’ah akan dapat bertahan lebih lama dan harus dimaksimalkan manajemen dan kerjasama dengan stakeholder.

Kendati lebih cepat Prodi Perbankan Syari’ah sudah menjalani tahap-tahapan selama pembentukan, dimulai dari pembentukan panitia pembukaan Prodi Perbankan Syari’ah , pembuatan proposal, studi banding ke UIN, UII dan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Syari’ah Yogyakarta, UIN Jakarta, dan Tazkia Bogor. Selanjutnya beberapa kegiatan workshop kurikulum, terakhir finishing proposal dan studi kelayakan dan diajukan ke Kementrian Agama Pusat Jakarta, cerita Rasiam, MA.

Diakuinya, saat ini sudah ada kerjasama dengan pihak perbankan syariah, dengan demikian SDM dari luarkan pun kita libatkan sebagai tenaga pengajar. Prodi Perbankan Syari’ah terbuka untuk umum, bukan hanya untuk tenaga pengajar saja, namun juga mempersiapkan mahasiswa lulusan yang siap terjun ke dunia kerja seiring dengan kebutuhan terhadap tenaga perbankan dengan pengetahuan ekonomi syari’ah yang kiat meningkat dan berbanding lurus dengan meningkatnya aktivtas perbankan syari’ah.

Dia optimis, pada tahun pertama prodi tersebut akan mendapat banyak peminat oleh calon-calon mahasiswa baru dan tidak menutup kemungkinan akan menjadi prodi unggulan. Harap Rasiam, MA.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here