Profil FTIK

Selayang Pandang

Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) berawal dengan dibukanya Fakultas Tarbiyah cabang IAIN  Syarif Hidayatullah Jakarta pada tahun 1969. Berikutnya pada tahun 1997 berdasarkan Keputusan Presiden RI Nomor 11 tahun 1997 Fakultas Tarbiyah IAIN Jakarta di Pontianak berubah menjadi Sekolah Tinggi Agama Islam (STAIN) Pontianak, dan jadilah Fakultas Tabiyah sebagai Jurusan Tarbiyah STAIN Pontianak yang memiliki program studi Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Pendidikan Bahasa Arab (PBA). STAIN Pontianak beralih status menjadi IAIN Pontianak melalui Keputusan Presiden RI nomor 53 tahun 2013.

Dengan perubahan status dari sekolah tinggi menjadi institut maka jurusan Tarbiyah menjadi Fakulktas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK). Dengan empat jurusan yakni Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI), Jurusan Pendidikan Bahasa Arab (PBA), Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) dan Jurusan Pendidikan Guru Raudhatul Atfhal (PGRA). Adapun dasar hukum penamaan FTIK IAIN Pontianak berdasarkan kepada Peraturan Menteri Agama (PMA) RI Nomor 94 tahun 2013 tentang Organisasi dan Tata Kerja (Ortaker).

Profil Pimpinan

Saat ini FTIK dipimpin oleh seorang dekan dan dibantu oleh 3 (tiga) orang wakil dekan yaitu:

Dekan                                      : Dr. Hj. Lailial Muhtifah, M.Pd

Wakil Dekan I                          : Eka Hendry, S.Ag, S.Pd., M.S.I

Wakil Dekan II                         : Drs. M. Rahmatullah, M.Ag

Wakil Dekan III                         : Dra. Rusnila Hamid, M.Si

Kepala Bagian Tata Usaha      : Drs. H. Sohorman

Kepala Sub Bagian Tata Usaha            : Suyati, S.Ag

Kepala Sub Bagian Akademik

dan Kemahasiswaan               : Noviansyah, S.Pd.I

 

Visi, dan Misi FTIK

Visi :

FTIK IAIN Pontianak adalah: “Menjadi Pusat Pengembangan Pendidikan dan Pengajaran yang Unggul, Terkemuka dan Terbuka dalam Riset Keagamaan, Keilmuan dan Kebudayaan Borneo”

Misi :

  1. Melaksanakan kegiatan pendidikan dan pengajaran dalam bidang pendidikan, keilmuan, keagamaan dankebudayaan;
  2. Mengembanmgkan keilmuan dalam bidang pendidikan, keagamaan dankebudayaan borneo yang kreatif dan inovatif;
  3. Melaksanakan kegiatan pendidikan pada tiga pilar aras TRI DHARMA PT.

Profil Lulusan

  1. Pendidik, tenaga kependidikan, peneilit pendidikan, pengelola pendidikan, penulis pendidikan, konsultan pendidikan yang memeiliki kemampuan:
  2. Menguasai secara mendalam ilmu pengetahuan tentang pendidikan, keislaman dan kebudayaan borneo;
  3. Memiliki keterampilan dalam bidang pedagogis secara profesional dan bertanggung jawab;
  4. Memiliki sikap dan kepribadian yang mengedepankan sikap rasional, humanis, mengayomi, amanah dan bertanggung jawab;
  5. Memiliki kemampuan beradaptasi, bersosialisasi, bekerjasama dan mengatasi masalah praktis di tengah-tengah masyarakat.

Jurusan di Lingkuan FTIK IAIN Pontianak

Pendidikan Agama Islam (PAI)

Visi  : “Menjadi Pusat Pendidikan Guru Agama Islam Yang Unggul, Terkemuka Dan Terbuka Dalam  Riset Pendidikan  dan Keilmuan Tahun 2020”.

Misi :

  1. Melaksanakan pendidikan, penelitian dan pengabdian dalam bidang Pendidikan Agama Islam
  2. Menyelenggarakan pendidikan yang dapat menunjang kompetensi lulusan yang berkualitas sesuai dengan standar Nasional.
  3. Meningkatkan kualitas SDM Dosen melaui studi lanjut dan kegiatan Ilmiah
  4. Memberikan Layanakan Penginkatan Kualitas Tenaga Pendidik Dan Kependidikan
  5. Melaksanakan kerjasama dengan berbagai pihak yang merupakan stakeholder Dalam  bidang Pendidikan Agama Islam.

Tujuan :

  1. Membentuk tenaga pendidik dalam bidang pendidikan Agama Islam yang memiliki kompetensi profesional keguruan dam kompetensi bidang Pendidikan Agama Islam yang mantap dan memiliki semangat mendidik yang tinggi serta islami
  2. Membentuk tenaga ahli/guru Pendidikan Agama Islam yang memiliki visi membangun Pendidikan Nasional melalui penyelenggaraan  Pendidikan Agama Islam yang mantap.
  3. Mendorong tumbuhnya /berkembangnya penyelenggaraan pendidikan  nasional yang seimbang antara muatan IPTEK dan IMTAQ.
  4. Menjadi fasilitator dalam memecahkan persoalan persoalan yang berkaitan dengan pelaksanaan pendidikan Agama Islam formal dan non formal di Kalimantan Barat.
  5. Menjalin kerjasama dengan berbagai pihak untuk meningkatkan mutu pendidikan Agama Islam.

Profil Lulusan :

Menjadi Sarjana Pendidikan Agama Islam yang, Berakhlak Mulia, Profesional, dan Kompeten.

Pendidikan Bahasa Arab (PBA)

Visi:  “Jurusan PBA IAIN Pontianak dalam kurun waktu 10 (sepuluh) tahun kedepan akan menjadi pusat pendidikan guru Bahasa Arab yang diakui secara nasional dan mampu berkompetisi di tingkat internasional”.

Misi:

  1. Menyelenggarakan proses pembelajaran Bahasa Arab yang berkualitas;
  2. Mengembangkan kemampuan profesional dan potensi akademik;
  3. Menyelenggarakan sistem pendidikan yang akademis dan religius.
  4. melaksanakan pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat di bidang pendidikan bahasa Arab
  5. Mengembangkan kerja sama dengan berbagai pihak baik di tingkat nasional maupun internasional.

Tujuan:

  1. Menyiapkan peserta didik menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan akademik yang profesional di bidang Pendidikan Bahasa Arab.
  2. Menghasilkan sarjana yang mampu menjadi guru bahasa Arab yang religius dan profesional pada jenjang pendidikan dasar dan menengah.
  3. Menyiapkan peserta didik yang mampu berkompetisi baik di tingkat nasional maupun internasional di bidang Pendidikan Bahasa Arab.

Kompetensi Lulusan

  1. Memahami wawasan pendidikan dan keislaman secara komprehensif.
  2. Menguasai substansi ilmu-ilmu Bahasa Arab dan metodologi pembelajarannya.
  3. Memiliki sikap demokratis.
  4. Memiliki profesionalisme dalam melaksanakan tugas.
  5. Mencintai ilmu pengetahuan
  6. Memiliki sikap responsif, inovatif dan kreatif
  7. Memiliki sikap keteladanan dalam melaksanakan tugas dengan selalu menjunjung tinggi nilai-nilai keislaman
  8. Terampil menerapkan teori-teori kependidikan dalam melaksanakan pembelajaran  Bahasa Arab.

Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)

Visi: “Menjadi Jurusan yang  unggul  dalam menghasilkan guru MI (Madrasah Ibtida’iyah)  yang  professional, berwawasan luas,  kompetitif,  beriman, bertaqwa, berakhlakul karimah serta mampu melakukan riset pendidikan, keilmuan dan kebudayaan sampai  pada tahun 2020”

 Misi:

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan Pengajaran yang dinamis, efektif, dan efisien berbasis teknologi dan manajemen modern bagi guru MI sesuai standar pendidikan nasional.
  2. Menjalin kerjasama dengan berbagai pihak dalam mengembangkan pendidikan guru Madrasah Ibtidaiyah (MI).
  3. Mengkaji dan mengembangkan ilmu-ilmu keislaman, ilmu kependidikan dan iptek dalam proses pembelajaran di MI yang dilakukan secara aktif, efektif, inovatif, kreatif, menyenangkan dan berkesinambungan dengan didukung oleh teknologi, sarana dan prasarana yang memadai
  4. Bekerjasama dengan berbagai pihak dalam melaksanakan penelitian untuk mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi pada pendidikan dasar Islam untuk menyiapkan guru Madrasah Ibtidaiyah profesional
  5. Melaksanakan pengabdian dalam bentuk pengembangan madrasah   ibtidaiyah dan pemberdayaan masyarakat secara berkesinambungan.
  6. Mengembangkan pendidikan dan pelatihan dalam bidang pendidikan guru Madrasah Ibtidaiyah sesuai kebutuhan masa kini dan masa mendatang.

Tujuan:

  1. Menghasilkan guru MI yang beriman, bertaqwa dan berakhlakul karimah sebagai dan profesional
  2. Menghasilkan guru MI yang mampu memenuhi tuntutan dan kebutuhan pada satuan pendidikan Madrasah Ibtidaiyah.
  3. Menghasilkan guru MI yang menguasai ilmu pendidikan secara mendalam dan komprehensif untuk membantu memecahkan masalah pendidikan dasar.
  4. Menghasilkan guru MI yang kreatif dan inovatif bagi peningkatan mutu pendidikan pada jenjang Madrasah Ibtidaiyah.

Profil Lulusan PGMI

Lulusan jurusan PGMI diharapkan menjadi guru MI yang memiliki kedalaman pengetahuan, berakhlak mulia, kompeten dan professional.

Kompetensi  Lulusan

  1. Kompetensi Utama

Guru MI  yang menguasai keilmuan pendidikan Islam pada tingkat pendidikan dasar dan mempunyai kompetensi profesional, paedagogik, sosial dan kepribadian.

  1. Kompetensi Tambahan
  • Konsultan bidang Pengelolaa
  • Menjadi Guru Tari atau Musik

Pendidikan Guru Raudhatul Atfhal (PGRA)

Visi : “Menjadi Jurusan yang unggul dalam pengembangan keilmuan dan tenaga pendidikan anak usia dini Tahun 2020”.

Misi :

  1. Menyelenggarakan pendidikan berkualitas untuk menghasilkan lulusan yang menguasai keilmuan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan profesional dalam mengajar di lembaga pendidikan AUD;
  2. Peningkatan kualitas tenaga pengajar dan tenaga kependidikan melalui kegiatan atau program yang relevan;
  3. Menyelenggarakan kajian dan riset keilmuan pendidikan AUD;
  4. Menyelenggarakan program penunjang bagi mahasiswa PGRA dalam rangka pengembangan bakat dan keilmuan pendidikan AUD;

Tujuan

  1. Melahirkan tenaga pendidik RA/TK/PAUD profesional yang menguasi keilmuan pendidikan anak usia dini dan mempunyai kompetensi profesional, paedagogik, sosial dan kepribadian yang handal;
  2. Melahirkan tenaga kependidikan yang handal dalam mengelola lembaga pendidikan AUD;
  3. Memiliki riset dan referensi ilmiah tentang kependidikan anak usia dini aplikatif yang dapat diterapkan dalam penyelenggaraan pendidikan dan dunia masyarakat;
  4. Sebagai pusat pengembangan kajian keilmuan AUD melalui riset, diskusi, seminar, workshop dan pelatihan;
  5. Menjadi lembaga pendamping dalam pengembangan kelembagaan pendidikan anak usia dini khususnya Raudhatul Atfal, Taman Kanak-kanak Islam dan Taman Pendidikan Al-quran.

 Profil Lulusan

  1. Guru di lembaga pendidikan Raudhatul Atfal, Taman Kanak-kanak, PAUD, dan Tempat Penitipan Anak;
  2. Sebagai manajer atau kepala di RA, TK, PAUD dan TPA;
  3. Peneliti atau asisten peneliti di bidang Pendidikan AUD;
  4. Pakar atau konsultan ahli bidang Pendidikan AUD;
  5. Pengelola profesional lembaga pendidikan RA, TK, PAUD dan TPA;