FTIK IAIN Pontianak Gelar Praktikum Dasar Mahasiswa, Warek I Ajak Mahasiswa untuk Fokus dan Serius

0
116 views

PONTIANAK, (iainptk.ac.id)–Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) IAIN Pontianak melaksanakan kegiatan Pembukaan Praktikum Dasar bagi Mahasiswa FTIK Semester III, Jumat (12/10) di Auditorium Abdul Rani Mahmud. Kegiatan tersebut dibuka secara resmi oleh Wakil Rektor I Bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga, Dr. Firdaus Achmad, M.Hum. Acara itupun dihadiri oleh Dekan FTIK, Dr. Ali Hasmy, M.Si beserta para wakil dekan lainnya dan instruktur serta peserta praktikum itu sendiri.

Ketua Panitia, M. Rahmatullah, M.Ag melaporkan praktikum dasar merupakan kegiatan rutin yang dilakukan FTIK dalam rangka membekali mahasiswa akan materi-materi yang dianggap penting untuk menambah wawasan sebagai calon pendidik atau guru. “Jumlah peserta yang berpartisipasi kurang lebih 510 mahasiswa. Terdiri dari 284 Mahasiswa PAI, 51 Mahasiswa PBA, 143 Mahasiswa PGMI, 31 Mahasiswa PIAUD. Dalam hal ini akan dilaksanakan praktikum qira’ah ibadah, bahasa Arab, bahasa Inggris, dan komputer dasar.” Jelasnya.

Ia menambahkan, “Semoga dengan kegiatan praktikum ini dapat terlaksana sesuai rencana. Dengan adanya praktikum harapannya kualitas dan kuantitas Mahasiswa FTIK semakin hari semakin meningkat bukan malah semakin merosot.” Harapnya.

Dalam sambutannya Wakil Rektor I Bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga, Dr. Firdaus Achmad, M.Hum mengungkapkan semua kegiatan apapun yang dilakukan oleh lembaga maupun fakultas harus berorientasi pada akreditasi perguruan tinggi. “Saya menghimbau kepada FTIK untuk mengelola dan menghadirkan alumni yang berkualitas. Dalam hal pengelolaan kegiatan ini harus fokus. Kegiatan ini membekali kalian bagaimana membaca Al-Qur’an dengan baik, bahasa Inggris dan Arabnya baik, serta memahami dan mampu mengoperasikan komputer dengan baik.” ungkapnya.

Lebih lanjut ia mengatakan dalam rangka mengevaluasi akademik di IAIN Pontianak. Salah satu diantaranya penyusunan pedoman skripsi mahasiswa. Dalam waktu dekat akan ada surat edaran dari Rektor terkait skripsi mahasiswa. “Skripsi mahasiswa didorong untuk bisa menjadi buku dan diramu dalam bentuk artikel yang dimuat pada jurnal terakreditasi. Oleh karenanya mahasiswa harus fokus dan serius dalam meraih itu semua.” ujarnya mengakhiri sambutan.

Penulis: Septian Utut
Editor: Aspari Ismail

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here