PONTIANAK (iainptk.ac.id)–Berdasarkan hasil Keputusan Rapat Koordinasi Biro AUAK IAIN Pontianak dengan Pimpinan di lingkungan IAIN Pontianak pelaksanaan Wisuda Semester Genap Tahun Akademik 2018/2019 dilaksanakan sesuai kalender akademik pada Kamis, 28 Maret 2019. Hal tersebut diinformasikan langsung oleh Kepala Bagian Akademik dan Kemahasiswaan, Suyati, S.Ag saat ditemui usai mengikuti Rapat Persiapan Wisuda Semester Genap Tahun Akademik 2018/2019, Jumat (15/2) di Ruang Rapat Senat IAIN Pontianak.

Pendaftaran wisuda tahun ini hanya berlangsung kurang lebih dua minggu saja. Mulai dari 18 Februari hingga 1 Maret 2019. Tenggat waktu antara pendaftaran dan pelaksanaan wisuda cukup jauh sekitar tiga minggu. Hal ini dikarenakan pihak akademik akan berupaya dan memaksimalkan waktu yang ada untuk persiapan wisuda termasuk menerbitkan ijazah serta transkip nilai secara bersamaan saat wisuda dilaksanakan.

“Jarak antara pendaftaran dan pelaksanaan cukup panjang, diharapkan ini dapat memaksimalkan persiapan kami dalam menerbitkan ijazah dan transkip. Maka dari itu kami perlu waktu untuk mempersiapkan itu semua.” ujarnya.

Adapun tempat pendaftaran di Subbag Akademik dan Kemahasiswaan, Gedung Biro AUAK Lantai 1. Sedangkan pembayaran biaya pendaftaran wisuda di Bagian Keuangan dan BMN Lantai II. Bagi jenjang strata satu (S1) membayar sebesar Rp. 600.000 dan strata dua (S2) sebesar Rp. 750.000. Sedangkan bagi mahasiswa jenjang strata satu (S1) angkatan tahun 2013 sampai sekarang yang membayar UKT tidak dibebankan biaya pendaftaran wisuda.

Bagi calon wisudawan dan wisudawati yang ingin mengikuti wisuda, harus memenuhi syarat-syarat yang telah ditentukan sebagai berikut:

  1. Mengisi formulir pendaftaran wisuda;
  2. Mengisi formulir Google Form dengan alamat URL http://bit.ly/wisudatahap12019 ;
  3. Mengisi formulir pembuatan ijazah;
  4. Surat keterangan mengikuti wisuda dari Kabag. TU fakultas masing-masing;
  5. Mengisi formulir alumni;
  6. Bukti pendaftaran Yudisium dari fakultas masing-masing;
  7. Bukti pembayaran pendaftaran wisuda dari keuangan (bagi mahasiswa sebelum angkatan 2013);
  8. Fotocopy ijazah SMA/MA/SMK/S1;
  9. Fotocopy Akta Kelahiran;
  10. Surat Keterangan Bebas Pinjam Buku dari Perpustakaan IAIN Pontianak dan Perpustakaan Wilayah;
  11. Surat tanda bukti penyerahan skripsi;
  12. Pas photo ukuran 3x 4 (background merah dan menggunakan almamater) sebanyak 4 lembar.

Seluruh berkas kemudian dimasukkan dan distaples dengan rapi dalam map. Ketentuan map yaitu FTIK map biru, FSEI map merah, FUAD map hijau, dan Pascasarjana map kuning.

Penulis: Septian Utut
Editor: Aspari Ismail

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here