Pontianak (iainptk.ac.id) – Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerja Sama menggelar rapat bersama sejumlah pimpinan UPT dan ketua program studi dari berbagai fakultas di IAIN Pontianak untuk membahas persiapan kegiatan Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) Tahun 2025 yang dijadwalkan berlangsung pada 26–28 Agustus 2025.
Kegiatan rapat ini dihadiri oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerja Sama, Dr. Ismail Ruslan, M.Si.; Kepala Bagian Umum dan Layanan Akademik, M. Syahrun, M.Pd.; Kepala Subbagian Umum dan Layanan Akademik, Syarif Ahmad Fauzi, S.T.; Wakil Dekan I Fakultas Syariah, Ardiansyah, S.S., M.Hum.; Wakil Dekan III FTIK, Dr. Sahrani, S.E.I., M.Pd.; Wakil Dekan Bidang I Fakultas Ushuluddin dan Adab, Dr. Zulkifli, S.Ag., M.A.; Wakil Dekan I Fakultas Ushuluddin dan Adab,; Kepala Bagian Tata Usaha FTIK; Kepala Bagian Tata Usaha Fasya, H. Nuriahman, S.E., M.Ag.; Kepala Bagian Tata Usaha FEBI, Mulyadi, S.Ag., M.Pd.; Kepala Bagian Tata Usaha FDKI, Suyati, S.Ag.; Tommy Hardiansyah, S.E., M.M., dan Kasubbag Fusha, Halwiyah, S.Ag., Rapat ini berlangsung di Ruang Wakil Rektor III pada Senin (11/8/2025).
Kegiatan rapat ini menjadi langkah strategis untuk memaksimalkan pelaksanaan PBAK agar berjalan optimal. Dr. Ismail Ruslan, M.Si., menyampaikan bahwa pembahasan dalam rapat meliputi persiapan pelantikan pengurus organisasi mahasiswa (Ormawa) kampus sebagai syarat menjadi panitia PBAK, serta pembentukan panitia PBAK baik di tingkat Dema–Sema institut maupun fakultas. “Rapat ini membahas berbagai hal terkait persiapan pembentukan panitia dan teknis pelaksanaan kegiatan. Oleh karena itu, saya berharap masukan dari Bapak/Ibu demi suksesnya kegiatan ini,” ujarnya.
Sementara itu, Kepala Bagian Umum dan Layanan Akademik, Muhammad Syahrun, M.Pd., menegaskan bahwa pihak akademik telah menyiapkan sejumlah aturan bagi peserta dan panitia PBAK. “Penerapan aturan sebagaimana dijelaskan tadi harus dilaksanakan secara ketat demi suksesnya pelaksanaan kegiatan, sehingga diharapkan berjalan tertib dan sesuai harapan,” tegasnya.
Pelaksanaan PBAK tahun ini juga akan disertai pendidikan khusus bagi panitia Dema–Sema, baik di tingkat institut maupun fakultas, terkait teknis penyelenggaraan kegiatan. Hal ini bertujuan agar pelaksanaan sesuai aturan yang ditetapkan dan bebas dari campur tangan pihak yang tidak bertanggung jawab. Selain itu, pengawasan terhadap jalannya PBAK akan dilakukan oleh pejabat berwenang dari masing-masing fakultas dan institut. Upaya ini diharapkan mampu memastikan kegiatan PBAK berjalan maksimal, tertib, dan sesuai dengan tujuan yang diharapkan.
Penulis : Abd. Hasan
Editor : Bambang