Pesan Rektor untuk Mahasiswa KKL

0
189 views

PONTIANAK (www.iainptk.ac.id)– Rektor IAIN Pontianak, Dr. Syarif, MA hadir dalam kegiatan pembekalan mahasiswa Kuliah Kerja Lapangan (KKL) yang digagas oleh LP2M IAIN Pontianak Jumat, (19/7) sore di Aula Syekh Abdul Rani Mahmud. Ratusan peserta yang terdiri dari 36 Kelompok KKL mendengarkan materi yang disampaikan oleh Rektor IAIN Pontianak.

Rektor memyampaikan tujuan KKL ada 3. Pertama, sebagai pengembangan tiga peran perguruan tinggi seperti pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengembangan serta pengabdian kepada masyarakat. Tujuan kedua, melakukan penguatan dan pengembangan kompetensi profesional mahasiswa berdasarkan jurusan dan prodinya masing-masing. Ketiga, menjadikan masyarakat benar-benar sebagai laboratorium hidup, tempat dimana mahasiswa dapat belajar secara nyata.

“Peran kalian adalah menjadi duta IAIN Pontianak ke masyarakat. Kegiatan KKL ini juga merupakan bukti bahwa IAIN berguna bagi masyarakat. Tampilkan yang baik di masyarakat, seperti memuliakan orang lain, memuliakan tetangga, berkata yang baik, kalau tidak lebih baik diam. Bawalah file IAIN, bercerita tentang IAIN. IAIN sudah memulai persiapan proposal pengajuan menjadi UIN.” tambah Rektor.

Rektor mengingatkan kepada mahasiswa “Tanam padi tumbuh rumput, tebar kebaikan berkah akan datang. Karena kebaikan semua orang suka, berkata lembut, sedekah, adil, jujur, semua orang suka. Itulah kebaikan yang harus diperlombakan. Lawannya adalah keburukan semua orang tidak suka seperti dusta, sombong dan congkak” nasihatnya.

“Ingat pesan Luqman kepada anaknya di surah luqman ayat 12-19. Pada ayat ke 18-19 mengingatkan kita untuk tidak memalingkan wajah dari manusia karena sombong dan janganlah kita berjalan di bumi dengan angkuh. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang sombong dan membanggakan diri. Dan sederhanakanlah dalam berjalan dan lunakkanlah suaramu. Sesungguhnya seburuk-buruk suara adalah suara keledai.” urainya.

Rekor juga menjelaskan tentang visi IAIN Pontianak yang “Ulung dan terbuka dalam kajian dan riset keilmuan, keislaman, serta kebudayaan Borneo”. Serta 5 misi IAIN Pontianak:

  1. Menyelenggarakan pendidikan tinggi yang ulung dalam kajian keilmuan, keislaman dan kebudayaan Borneo;
  2. Membentuk akademisi yang berakhlak mulia, mandiri, dan bermanfaat bagi bangsa dan kemanusiaan;
  3. Mengembangkan kajian keilmuan, Keislaman, dan kebudayaan borneo dengan basis riset;
  4. Meningkatkan peran pengabdian dalam upaya menyelesaikan persoalan kemasyarakatan;
  5. Memperkuat dan memperluas jaringan kerjasama institusional dalam upaya mengembangkan dan melestarikan temuan ilmu pengetahuan, teknologi dan/atau seni keagamaan Islam Borneo.

Selain itu Rektor IAIN Pontianak menyampaikan sembilan pilar semangat kerja IAIN Pontianak:

  1. Aman dan damai itu kami saling menyapa dan menebar salam;
  2. Aman dan damai itu kami ada kebersamaan dan kekompakan;
  3. Aman dan damai itu kami bekerja sesuai aturan;
  4. Aman dan damai itu kampus kami tertib;
  5. Aman dan damai itu kampus kami bersih;
  6. Aman dan damai itu pada kami tidak ada hoaks dan fitnah;
  7. Aman dan damai itu di lingkungan kami tidak ada ujaran kebencian;
  8. Aman dan damai itu kami saling menasihati, menghormati dan menghargai;
  9. Aman dan damai itu kami saling melindungi dan menyelamatkan.

Penulis: Bambang Eko Priyanto
Editor: Aspari Ismail

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here