Rektor Lepas Kontingen IAIN Pontianak ikuti PIONIR IX Malang

0
238 views

PONTIANAK (iainptk.ac.id) Rektor IAIN Pontianak, Dr. H. Syarif, MA mengutus 42 Mahasiswa dalam ajang Pekan Ilmiah Olahraga Seni dan Riset (PIONIR) IX PTKIN. Kegiatan PIONIR tahun 2019 akan berlangsung di UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, dari tanggal 14 hingga 22 Juli 2019. Terdapat 13 cabang lomba yang akan diikuti oleh mahasiswa IAIN Pontianak. Mahasiswa yang terpilih merupakan mahasiswa yang pernah berprestasi dari tingkal internasional, nasional, regional dan lokal. Kegiatan Pelepasan ini berlangsung di Gedung Rektorat Lt. 4 pada hari Kamis (11/07) siang.

Rektor IAIN Pontianak, Dr. H. Syarif, MA menyampaikan “Anggaran PIONIR harus ditingkatkan, supaya bisa mengikuti semua cabang yang dilombakan. Mahasiswa harus berprestasi, lakukan seleksi dari 6 bulan sebelumnya. Tahun ini kita hanya dapat mengutus 13 cabang.”

“Saat ini kita sudah memiliki lapangan volly, lapangan futsal dan lapangan olahraga lainnya. Kalau perlu setiap cabang di PIONIR bikin club-nya. Gunakan SK Rektor dan ajukan dana setiap tahun. Saya tekankan setelah pulang dari PIONIR dievaluasi lagi, kalau perlu club yang ada tetapi tidak ada kaitannya dengan akreditasi kita lebur saja ke club yang ada poin akreditasinya. Jangan hanya papan nama yang ada, kita lakukan pembinaan. Kegiatan mahasiswa harus berafiliasi dengan kegiatan institut.”

“Ingat Olahraga dan seni menghasilkan 2 hal pertama olahraga menghasilkan sportivitas yang tinggi, sehingga menghadapi persoalan dengan gentelman. Kedua seni adalah olah rasa, orang yang terbiasa dengan seni ketika berkata dan berkarya akan tersusun dengan baik. Menyusun kata-kata tidaklah mudah apalagi dibikin syair. Itu perlu rasa tingkat halus.” ujarnya.

“Saya titip IAIN Kepada kalian sebagai duta, ukirlah prestasi untuk kampus kita. Harumkanlah nama kampus IAIN Pontianak tercinta” pesannya.

Menurut Pimpinan Kontingen, Dr. Abdul Mukti, MA yang juga merupakan Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama melaporkan “Mahasiswa IAIN Pontianak yang mengikuti kegiatan PIONIR ini, kita seleksi dengan ketat selama 3 Bulan. Dengan menggunakan sistem seleksi sesuai rekomendasi 4 fakultas, dilihat dari tingkat prestasi yang pernah di capai. Kita juga memberikan amanah dan tanggung jawab kepada official untuk melakukan training secara ketat. Saya menyaksikan sendiri di lapangan bahwa adik-adik ini melaksanakan proses latihan dengan sungguh-sungguh. Mudah-mudahan latihan yang sungguh-sungguh itu membawa nama harum IAIN Pontianak.”

“Ajang PIONIR IX di Malang sebenarnya juga merupakan ajang silaturahmi PTKIN se-Indonesia. Tapi akan lebih baik tidak hanya sekedar silaturahmi, tapi kita juga bisa membawa prestasi. Tim Volly akan berangkat malam ini tanggal 11 Juli 2019 menggunakan kapal, tim futsal akan berangkat besok dan tim yang lain akan berangkat pada tanggal 14 Juli. Mudah-mudahan keberangkatan kita pada PIONIR tahun ini membawa manfaat, berkah dan prestasi” tutup Dr. Abdul Mukti, MA.

Penulis: Bambang Eko Priyanto
Editor: Aspari Ismail

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here