BERLANGSUNG KHIDMAT, IAIN PONTIANAK SELENGGARAKAN UPACARA HAB KE-75 TAHUN 2021

0
292 views

BERLANGSUNG KHIDMAT, IAIN PONTIANAK SELENGGARAKAN UPACARA HAB KE-75 TAHUN 2021

Pontianak, (iainptk.ac.id) – Sesuai dengan amanat dari Kementerian Agama, IAIN Pontianak yang merupakan Satuan Kerja Kementerian Agama juga mengadakan upacara dalam rangka memperingati Hari Amal Bakti (HAB) Kementerian Agama ke 75. Upacara yang berlangsung pada hari Selasa (05/01) pagi, berjalan dengan khidmat dan ketat menjaga protokol kesehatan penanggulangan COVID-19 di halaman gedung Tower B, FEBI IAIN Pontianak.

Upacara kali ini, Dr. Firdaus Achmad, M.Hum., Wakil Rektor Bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga bertindak selaku Pembina Upacara. Tak seperti tahun sebelumnya, kali ini upacara hanya diikuti oleh Para Wakil Rektor/Plt. Wakil Rektor, Kepala Biro AUAK, Para Dekan/ Plt. Dekan, Direktur Pascasarjana, Para Kepala Bagian, Pejabat Fungsional Perencanaan Ahli Madya dan 10 orang anggota satuan pengamanan (Diksar Gada Pratama) serta Para Penerima Satyalancana Karya Satya. Pegawai IAIN Pontianak yang lain, menyaksikan upacara melalui aplikasi Zoom dan Youtube. Hal ini dikarenakan untuk mengurangi penyebaran Covid-19.

Dr. Firdaus Achmad, M.Hum., dalam amanatnya menyampaikan 3 pesan penting dalam Sambutan Menteri Agama dalam memperingati HAB ke-75 “Pertama, melakukan pengelolaan manajemen layanan dan tatakelola birokrasi yang lebih baik. Kedua, melakukan penguatan kepada moderasi beragama terutama pada wilayah literasi agama, kerukunan serta budaya toleransi. Ketiga, meningkatkan dan menguatkan persaudaraan.”

Seusai upacara HAB Kemenag RI ke-75, Kepala Biro AUAK IAIN Pontianak, Drs. H. Syahrul Yadi, M.Si., menyampaikan kesan dan pesannya dengan bersemangat, “75 tahun Kementerian Agama hadir dan berkiprah di negeri ini, tak terhitung jasa yang sudah ditorehkan dan tertorehkan. Mengusung bangsa ini untuk senantiasa merapat ke langit, mengetuk jendela istana-Nya, sehingga Nusantara terhampar sembari dihujani nikmat dan senyum-Nya. Sepantantasnyalah kita banyak bersyukur bahwa sampai detik ini, Indonesia dikenal sebagai ikon negara terdepan, menghargai perbedaan yang dimanfaati sebagai nikmat, Rahmat dan perekat. Motor penggetak Ini semua mengkristal pada pribadi-pribadi dan tusi Aparatur Kementerian Agama. Saatnya kita masing-masing mengambil peran sebagai tembok penjaga kesepakatan  yang sudah disepakati bahwa NKRI Harga Mati!!! Selamat Ulang Tahun Kemenag ke-75.”

Upacara ini juga dirangkai dengan penyerahan Satyalancana Karya Satya, yang disampaikan oleh Pembina Upacara, Dr. Firdaus Achmad, M.Hum., kepada 29 Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang sudah mengabdi selama 10, 20 dan 30 tahun.

Oleh : Bambang Eko Priyanto

Editor : Omar Mukhtar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here