PONTIANAK (iainptk.ac.id)–Pusat Teknologi Informasi dan Data IAIN Pontianak bekerjasama dengan Bank Syariah Mandiri menggelar kegiatan Sosialisasi Aplikasi Pembayaran Host to Host Edupay, Kamis (17/01) di Auditorium Abdul Rani Mahmud. Hadir perwakilan Direksi Bank Syariah Mandiri, Devi beserta Tim IT BSM, Sabda. Wakil Rektor II Bidang Administrasi Umum dan Keuangan, Dr. H. Saifuddin Herlambang, MA membuka acara secara resmi. Pejabat yang hadir dalam kesempatan tersebut meliputi Kabag Akademik dan Kemahasiswaan, Kabag Keuangan dan Perencanaan, Kabag di setiap fakultas, Kasubbag Administrasi Akademik, Kasubbag Keuangan, dan Bendahara.

Dalam sambutannya, Wakil Rektor II Bidang Administrasi Umum dan Keuangan, Dr. H. Saifuddin Herlambang, MA mengucapkan terima kasih kepada Bank Syariah Mandiri yang telah 100% membuat dan menyusun aplikasi host to host edupay ini. Ia pun menyampaikan jika aplikasi pembayaran host to host edupay dapat memudahkan semua elemen yang terlibat. Pelayanan pembayaran jenis ini nantinya juga dapat meengefisiensikan waktu serta meminimalisir penggunaan dana lainnya selain yang wajib dibayarkan.

“Kesulitan yang kita hadapi selama ini pembayaran uang kuliah dilakukan secara manual. Misalnya untuk sekedar membayar uang kuliah sebesar 1,5 juta rupiah, mahasiswa dari Kapuas Hulu mesti menggunakan uang transportasi sebesar 500.000 hingga 1.000.000, karena harus menyampaikan bukti setor ke bagian keuangan dan melapor ke bagian akademik. Harapannya melalui aplikasi host to host edupay ini mahasiswa dapat membayar uang kuliah dengan lebih mudah, praktis, efektif, dan efisien karena tidak perlu membawa bukti setoran dan verifikasi pendaftaran ulang” paparnya.

Kepala Pusat Teknologi Informasi dan Data sekaligus Penanggungjawab Pengembangan Aplikasi Host to Host Edupay, Sumin, M.Si berharap kegiatan ini dapat memberikan pemahaman sekaligus penyamaan persepsi terkait pembayaran uang kuliah melalui aplikasi host to host edupay. “Semoga aplikasi host to host edupay ini dapat meningkatkan kualitas layanan IAIN Pontianak kepada mahasiswa. Layanan ini harus segera disosialiasikan atau diumumkan kepada para mahasiswa oleh Bagian Akademik dan Keuangan sebagai leading sector, sehingga tidak menimbulkan kebingungan kepada mahasiswa untuk membayar uang kuliah yang telah direncanakan pada tanggal 4 Februari sampai dengan 14 Februari 2019 mendatang.” jelasnya.

Ia pun mengatakan, “Selain keuntungan yang diperoleh mahasiswa sebagai stakeholder utama IAIN Pontianak, penerapan sistem pembayaran uang kuliah menggunakan host to host edupay juga memberikan kemudahan kepada Bagian Keuangan dan Akademik IAIN Pontianak. Melalui aplikasi ini membuat rekap pembayaran menjadi lebih mudah, begitu pula bagian akademik tidak perlu mengaktivasi mahasiswa yang daftar ulang, karena mahasiswa yang telah membayar secara otomatis terdaftar di siakad.” pungkasnya.

Penulis: Septian Utut
Editor: Aspari Ismail

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here