Lulusan Fakultas Syariah Menggenggam Dunia

0
232 views

PONTIANAK (iainptk.ac.id)– Fakultas Syariah IAIN Pontianak, dengan bangga menyelenggarakan Stadium General kepada ratusan mahasiswa baru. Kegiatan yang bertema “Mahasiswa Syariah Menggenggam Dunia” ini, dilaksanakan di Aula Syekh Abdulrani Mahmud, pada hari Jumat (6/9) pagi hingga sore. Mahasiswa baru yang telah memilih Fakultas Syariah akan mendapatkan materi penguatan untuk menjadi lulusan yang profesional.

Dr. Firdaus Achmad, M.Hum yang menjadi Plh Rektor pada kesempatan yang berbahagia ini menyampaikan kepada mahasiswa baru “Saya selalu mengingatkan kepada diri saya, bahwa hidup itu adalah pilihan dan pilihan itu kita yang menentukan. Jadi, jika Anda memang ingin lulusnya di Fakutas Syariah lanjutkan niat itu. Jika anda lulusnya di Fakultas Syariah ini terpaksa maka lakukan pergeseran niat. Jika Anda dibuang ke Fakultas Syariah katakan kepada mereka, Anda akan menyesal.”

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga ini meneruskan “Ruh dari Fakultas Syariah itu adalah persoalan hukum. Hukum adalah temali yang bisa menyelamatkan orang dari satu strata kehidupan menuju ke strata pengharapan. Orang tidak bisa hidup tanpa hukum. Inilah peran mahasiswa Fakultas Syariah. Orang tidak bisa dibiarkan hidup seperti binatang, tetapi orang membutuhkan aturan dan itu adanya di Fakultas Syariah. Karena sampai puncaknya manusia itu membutuhkan rasa aman, dan rasa aman itu ditawarkan oleh Anda orang-orang Fakultas Syariah dalam bentuk aturan.” paparnya.

Dekan Fakultas Syariah, Dr. Muhammad Hasan, menguatkan niat mahasiswa “Kami sudah mempersiapkan dua pembicara handal, pertama Bapak Elik Murtopo, S.H., M.H., dari Pengadilan Tinggi, beliau adalah Hakim AD HOC Tipikor Tingkat Banding. Pemateri kita yang kedua Bapak Drs. Maslihan Saifurrozi, M.H., beliau sebagai Ketua Tinggi Pengadilan Agama. Saya yakin setelah narasumber menjelaskan, mahasiswa akan memiliki kebanggaan yang tinggi akan Fakultas Syariah dan lulusannya.” katanya.

Elik Murtopo, S.H., M.H., selaku narasumber menyampaikan tentang prospek Sarjana Hukum di Era Globalisasi “Perubahan gelar bagi lulusan Fakultas Syariah menjadi Sarjana Hukum mi(S.H), tentu memberikan peluang yang lebih besar bagi penyandang gelar tersebut, untuk dapat menjadi profesi hukum. Sarjana Hukum adalah orang yang telah menyelesaikan pendidikan di Fakultas Hukum/Fakultas Syariah. Sarjana Hukum juga dianggap sebagai seorang ahli yang memahami semua hukum, baik dari segi teori maupun penerapannya. Sarjana Hukum juga mempunyai peluang untuk menjadi jaksa, pengacara, hakim, konsultan hukum, notaris dan seterusnya apabila syarat-syarat yang telah ditentukan sudah terpenuhi.” jelasnya.

Penulis: Bambang Eko Priyanto
Editor: Aspari Ismail

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here