Orientasi Mahasantri Ma’had Al-Jami’ah IAIN Pontianak

0
119 views

PONTIANAK– Ma’had al-Jami’ah IAIN Pontianak menyelenggarakan Orientasi Mahasantri, Selasa (11/9) di Ruang Rektorat Lantai IV. Kegiatan tersebut akan berlangsung selama 2 hari. Mulai 11 s.d. 12 September 2018.

Hadir dan membuka pelaksanaan kegiatan tersebut, Mudir Ma’had Al-Jamiah IAIN Pontianak, Muh. Gito Saroso, M.Ag beserta Pengelola, Musyrif, Musyrifah Ma’had al-Jami’ah. Peserta yang mengikuti orientasi itu sendiri merupakan mahasantri baru yang lulus pada SPMB Ma’had al-Jami’ah beberapa waktu lalu.

Ketua Panitia Orientasi Mahasantri Ma’had al-Jami’ah, Baihaqi, MA mengungkapkan masa orientasi mahasantri bertujuan memberikan pandangan tentang bagaimana seharusnya mahasantri bersikap dan bertindak sesuai dengan situasi dan kondisi di mana sekarang mereka tinggal.

“Ma’had al-Jami’ah dengan keterbatasan fasilitas yang dimiliki, mahasantri bisa menyesuaikan dengan lingkungan yang sedang mereka tempati. Oleh sebab itu tema kuliah umum melalui orientasi mahasantri ma’had al-Jami’ah mari tingkatkan kreatifitas dan kemandirian dalam menyongsong masa depan.” ungkapnya

Ia pun menambahkan, “Mahasantri selayaknya bisa hidup mandiri, tidak lagi tergantung kepada orang tua. Melatih kedisiplinan sendiri, menyiapkan kebutuhan sendiri, di mana mereka juga harus menghadapi teman berlatar belakang yang berbeda. Semua itu dilakukan dengan jiwa kreatifitas dan sikap yang mandiri.

Harapannya mahasantri siap menghadapi masa depan yang pastinya tidak semudah membalikkan telapak tangan, semua harus dipersiapkan dengan matang.” imbuhnya.

Sementara itu, Mudir Ma’had al-Jami’ah, Muh. Gito Saroso, M.Ag merasa sedikit terharu dan bangga akan jumlah mahasantri yang mendaftar ke Ma’had al-Jami’ah. Ia pun berharap kepada seluruh mahasantri untuk mengikuti segala aturan yang berlaku di Ma’had al-Jami’ah IAIN Pontianak. Setiap mahasantri dibekali buku pedoman yang menjadi acuan dalam beraktivitas selama menjadi mahasantri.

“Beberapa program ma’had telah tercantum dalam buku pedoman. Sehingga nantinya mahasantri dapat melihat secara seksama segala rutinitas dan agenda penting lainnya. Beberapa agenda prioritas yang urgen untuk diikuti mahasantri salah satunya yaitu praktikum qira’ah dan ibadah.

Agenda ini menjadi skala prioritas guna menyokong kemampuan dan kemahiran mahasiswa dalam membaca Al-Qur’an serta mengamalkan ibadah yang baik dan benar.” jelasnya.

Penulis: Septian Utut
Editor: Aspari Ismail

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here