Patuh Penyederhanaan Birokrasi, 10 Pejabat Administrasi IAIN Pontianak Dilantik Menjadi Pejabat Fungsional

0
421 views

Patuh Penyederhanaan Birokrasi, 10 Pejabat Administrasi IAIN Pontianak Dilantik Menjadi Pejabat Fungsional

Pontianak (iainptk.ac.id) – Kementerian Agama RI terus melakukan penyederhanaan Birokrasi. Salah satunya dengan menjadikan Jabatan Administrasi ke dalam Jabatan Fungsional (JF).  Sebanyak 375 pegawai pada hari Rabu (16/12) pagi dilantik sebagai pejabat fungsional. Sepuluh orang diantaranya adalah pegawai IAIN Pontianak.

Proses pelantikan ini dilakukan menggunakan dua model sekaligus, ada yang daring dan luring. Sebagian besar peserta mengikutinya secara daring untuk menghindari kerumunan dan dalam rangka menerapkan protokol kesehatan di tengah pandemi covid-19. IAIN Pontianak sendiri melakukannya secara daring menggunakan aplikasi zoom.  Hanya ada 1 pegawai yang hadir secara luring di auditorium Kementerian Agama RI, Jakarta. Kegiatan pelantikan di IAIN Pontianak juga disaksikan secara langsung oleh Plt. Rektor, Kepala Biro AUAK dan Kabag umum IAIN Pontianak.

Pelantikan ini dipimpin oleh Sekjen Kemenag, Prof. Dr. H. Nizar Ali, M.Ag., dalam kata sambutannya, beliau menyampaikan “Penyederhanaan birokrasi di Kemenag memasuki babak baru. Hari ini kami lantik 372 pejabat fungsional yang sebelumnya menjabat sebagai eselon III dan IV di Kementerian Agama.”

“Setelah pelantikan ini, pegawai dalam JF tersebut akan duduk di tempat semula sebelum yang bersangkutan dilantik dan melaksanakan tugas-tugas sebagai JF. Bagi pejabat fungsional Ahli Madya dan pejabat fungsional Ahli Muda secara otomatis akan diberikan tugas dan fungsi koordinasi dan pengelolaan kegiatan sesuai dengan bidang tugasnya. Tugas-tugas tersebut akan diatur kemudian dalam Keputusan Menteri Agama,” sambungnya.

Salah satu Pegawai IAIN Pontianak yang dilantik hari, Aspari, S.Pd.I, M.Pd., mengungkapkan “Sebagai Apatur Sipil Negara (ASN), tentu saja kita harus selalu patuh pada kebijakan pemerintah dan peraturan perundang-undangan yang berlalu. Terkait penyederhanaan birokrasi ini tentu sudah dilakukan dengan pertimbangan yang matang oleh pemerintah.”

Beliau juga menceritakan “Jabatan Administratif saya selaku Kasubbag Organisasi Kepegawaian dan Penyusunan Peraturan (OKPP), atas rekomendasi dari Menpan RB  difungsionalkan menjadi Pengembang Teknologi Pembelajaran. Ikhtiar untuk meminta pertimbangan perubahan fungsional ke fungsional yang lebih berkesesuain dengan tugas yang dijalani saat ini umpama analis Kepegawaian, seperti  yang diamanahkan dalam pasal 4 Permenpan 28 tahun 2019 itu sudah dilakukan.  Di dalam SK Fungsional saya tetap diterbitkan Pengembang Teknologi Pembelajaran. Saya bersyukur saja. Justru ini menjadi sejarah yang luar biasa di dalam hidup saya. Kebanyakan para Kasubbag kepegawaian di PTKN lain itu fungsionalnya analis kepegawaian atau analis kebijakan. Hanya saya satu-satu Kasubbag yang menangani kepegawaian di PTKN se-Indonesia yang difungsionalkan ke Pengembang Teknologi Pembelajaran. Ini sesuatu yang sangat membanggakan.” Pungkasnya.

Adapun 10 Nama Pejabat Fungsional di IAIN Pontianak, yang Baru Dilantik;

No Nama Jabatan Fungsional
1. Suhaimi, S.Ag, M.Pd Perencanaan Ahli Madya pada Bagian Perencanaan dan Keuangan, pada Biro Administrasi Umum, Akademik dan Kemahasiswaan (AUAK) IAIN Pontianak.
2. Noviansyah, S.Pd.I Perencana Ahli Muda pada Subbagian Perencanaan, pada Bagian Perencanaan dan Keuangan, Biro Administrasi Umum, Akademik dan Kemahasiswaan (AUAK) IAIN Pontianak.
3. Dessy Nurul Fajariah, SE Analis Pengelolaan Keuangan APBN Ahli Muda pada Subbagian Keuangan dan BMN, pada Bagian Perencanaan dan Keuangan, Biro Administrasi Umum, Akademik dan Kemahasiswaan (AUAK) IAIN Pontianak.
4. Reka Kurniawati, SE Analis Pengelolaan Keuangan APBN Ahli Muda pada Subbagian Administrasi Umum dan Keuangan, pada Bagian Tata Usaha Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) IAIN Pontianak.
5. Ulya, S.Ag Arsiparis Ahli Muda pada Subbagian Administrasi Umum dan Keuangan, pada Bagian Tata Usaha Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah (FUAD) IAIN Pontianak
6. Rahmat Gunawijaya, SE, M.E Analis Pengelolaan Keuangan APBN Ahli Muda pada Subbagian Administrasi Umum dan Keuangan, pada Bagian Tata Usaha Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) IAIN Pontianak
7. Mujiono, M.Pd Arsiparis Ahli Muda pada Subbagian Tata Usaha pada Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) IAIN Pontianak
8. Heny Rahmawati, S.Pd.I Analis Kepegawaian Ahli Muda pada Subbagian Administrasi Umum dan Keuangan, pada Bagian Tata Usaha Fakultas Syariah IAIN Pontianak
9. Ajeng Vashqie Varaulizza, S.Kom, M.M Pranata Komputer Ahli Muda pada Subbagian Tata Usaha pada Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) IAIN Pontianak
10. Aspari, S.Pd.I, M.Pd Pengembangan Teknologi Pembelajaran Ahli  Muda pada Subbagian Organisasi, Kepegawaian dan Penyusunan Peraturan (OKPP), pada Bagian Umum Biro Administrasi Umum, Akademik dan Kemahasiswaan (AUAK) IAIN Pontianak

 

Oleh : Bambang Eko Priyanto

Editor : Omar Mukhtar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here