Rakornas Warek/Waket III PTKIN Se-Indonesia Putuskan IAIN Pontianak Menjadi Tuan Rumah Kegiatan Nasional BUAF Tahun 2021

0
303 views

Rakornas Warek/Waket III PTKIN Se-Indonesia Putuskan IAIN Pontianak Menjadi Tuan Rumah Kegiatan Nasional BUAF Tahun 2021

Manado (iainptk.ac.id) – Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama IAIN Pontianak, Dr. Abdul Mukti, MA, mengikuti kegiatan Rapat Koordinasi Wakil Rektor/Wakil Ketua III Bidang Kemahasiswaan, Alumni dan Kerjasama PTKIN (Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri) se-Indonesia. Kegiatan ini berlangsung di Swiss-Belhotel Maleosan Manado, Sulawesi Utara tanggal 10-13 Desember 2020.

Terdapat tiga agenda besar yang dibahas dalam pertemuan ini. Pertama, Penyusunan Juknis Perkemahan Wirakarya Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan (PWN-PTK) Tahun 2021. Kegiatan ini diperkirakan, akan dilangsungkan pada Bulan September 2021. Berlokasi di UIN Raden Fatah Palembang. Semua Wakil Rektor III/Wakil Ketua III, membahas persiapan ini dan petunjuk teknis pelaksanaan penyelenggaraan Perkemahan Wirakarya Nasional. Hal ini akan terlaksana, jika Pandemi Covid-19 berakhir.

Agenda kedua, semua utusan dari Wakil Rektor III/Wakil Ketua III PTKIN se-Indonesia, mereview petunjuk teknis bantuan KIP (Kartu Indonesia Pintar) Kuliah Tahun 2021, serta mengevaluasi pelaksanaan KIP Kuliah tahun 2020.

Selain itu para Wakil Rektor III/Wakil Ketua III, juga membahas agenda-agenda regional di Indonesia. Diantaranya agenda-agenda regional poros intim daerah Indonesia timur, zona Kalimantan, zona Jawa dan zona Sumatra. Semua itu dibahas dalam kesempatan rapat koordinasi di Manado. Beberapa keputusan yang diambil dalam forum kali ini, akan menjadi kebijakan ditingkat Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama, khususnya Subdit Sarana dan Prasarana Kemahasiswaan.

Dr. Abdul Mukti, MA., menyampaikan “Rakor kali ini, kita mengundang Direktur Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren untuk bersinergi dalam rangka pengembangan Ma’had al-Jamiah di kampus. Dirahapkan dengan kehadiran beliau, akan ada sinergi antara bidang-bidang kemahasiswaan, pembangunan dan pengembangan Ma’had al-Jamiah yang berbasis di kampus.”

“IAIN Pontianak sendiri kalau tidak ada halangan dan masa covid-19 berakhir. Kita akan menjadi tuan rumah kegiatan regional PTKIN yaitu, BUAF (Borneo Undergraduate Academic Forum). Tahun sebelumnya, kegiatan ini diselenggarakan di IAIN Samarinda, yang seharusnya Pontianak menjadi tuan rumah tahun 2020, karena adanya Pandemi Covid-19, kita undur tahun depan. Mudah-mudahan jika Pandemi Covid-19 ini berakhir, kegiatan BUAF akan berlangsung pada Bulan Oktober tahun 2021.” Pungkasnya.

Oleh : Bambang Eko Priyanto

Editor : Omar Mukhtar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here