Penerimaan Calon Mahasiswa Baru Tahun 2017, IAIN Pontianak Undang Pelajar Berprestasi

0
1,487 views

*Jalur SPAN-PTKIN Rekomendasi Kepala Sekolah
*Pengisian PDSS: 2 Februari sd 1 Maret 2017
*Pendaftaran: 4 Maret sd 7 April 2017, Gratis!

Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak kembali membuka pendaftaran mahasiswa baru Tahun Akademik 2017/2018. Bagi para calon mahasiswa yang ingin mendaftarkan dirinya sebagai mahasiswa IAIN Pontianak, dapat menggunakan 3 jalur, yaitu: Jalur Seleksi Prestasi Akademik Nasional (SPAN-PTKIN); Jalur Ujian Masuk (UM-PTKIN) dan Jalur Tes SPMB Mandiri IAIN Pontianak.

Pendaftaran Jalur SPAN-PTKIN dilakukan secara online dimulai pada tanggal 02 Februari s/d 07 April 2017 (lihat detailnya di http://span-ptkin.ac.id), Jalur UM-PTKIN dimulai pada tanggal 10 April s/d 10 Mei 2017 (http://um-ptkin.ac.id) dan pada Jalur Tes SPMB Mandiri IAIN Pontianak dimulai pada tanggal 03 Juli s/d 21 Juli 2017 melalui online di alamat website www.iainptk.ac.id kemudian klik menu SIPENMARU. Pelaksanaan Jalur SPAN-PTKIN dan Jalur UM-PTKIN dilakukan secara nasional oleh seluruh UIN/IAIN/STAIN, termasuk IAIN Pontianak, dalam satu sistem yang terpadu dan diselenggarakan secara serentak oleh Panitia Pelaksana yang ditetapkan oleh Menteri Agama Republik Indonesia.

SPAN-PTKIN adalah jalur masuk khusus Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) melalui jalur undangan dengan menggunakan nilai raport siswa SMA/MA/SMK/sederajat yang berprestasi selama 5 semester yang mendapatkan rekomendasi dari sekolah. Sedangkan UM-PTKIN adalah jalur masuk khusus PTKIN yang diadakan setelah Jalur SPAN-PTKIN yang seleksinya melalui ujian tertulis. Jalur SPAN-PTKIN tidak dipungut biaya sedangkan Jalur UM-PTKIN dikenakan biaya pendaftaran sebesar Rp. 200.000 melalui Bank BNI. Sedangkan Jalur Tes SPMB Mandiri IAIN Pontianak dikenakan biaya pendaftaran sebesar Rp. 200.000 melalui Bank Kalbar Syariah.

Dr. Hermansyah, M.Ag.,Ketua Panitia Lokal Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB) IAIN Pontianak Tahun 2017/2018 mengundang pelajar/peserta didik berprestasi untuk mendaftar di IAIN Pontianak melalui Jalur SPAN-PTKIN. “Tentu kami membutuhkan kerjasama dan menyampaikan terimakasih kepada seluruh kepala sekolah SMA/MA/SMK sederajat untuk membantu mengisi Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) melalui website: www.span-ptkin.ac.id karena itu menjadi syarat utama bagi peserta didik yang bakal mendaftar dijalur SPAN-PTKIN ini. Tanpa pengisian data/rekomendasi dari pihak sekolah tersebut, pelajar yang berprestasi tidak bisa mendaftar dijalur istimewa ini. Melalui SPAN-PTKIN ini kami memberikan kesempatan dan kepercayaan kepada sekolah/madrasah agar mendaftarkan siswanya untuk memperoleh pendidikan tinggi di IAIN Pontianak. Pendaftaran SPAN-PTKIN ini tidak dipungut biaya alias gratis” ujar Wakil Rektor Bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga IAIN Pontianak.

Di samping itu, Warek I IAIN Pontianak itu menjelaskan lebih detail tentang jadwal pendaftaran calon mahasiswa IAIN Pontianak tahun 2017 ini. “Pengisian Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) dilakukan pihak sekolah: 02 Februari s.d 01 Maret 2017. Kemudian pendaftaran siswa: 04 Maret s.d 07 April 2017. Pengumuman hasil seleksi: 01 Mei 2017. Di jalur ini khusus siswa SMA/SMK/MA kelas terakhir pada tahun 2017 dan memiliki Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) serta memperoleh rekomendasi dari Kepala Sekolah/Madrasah”

Lebih lanjut Peraih Book Award itu mengatakan, “Pendaftar yang tidak lulus di jalur SPAN-PTKIN tidak perlu berkecil hati karena masih ada dua jalur lain, yaitu: Jalur UM-PTKIN dan Jalur Tes SPMB IAIN Pontianak. Di jalur UM-PTKIN pendaftaran sebagai berikut: Pengisian biodata, pembayaran dan pendaftaran mulai 10 April sd 10 Mei 2017. Di jalur ini juha hanya untuk siswa SMA/SMK/MA kelas terakhir pada tahun 2017. Pelaksanaan Ujian Tertulis 23 Mei 2017. Pengumuman hasil ujian: 19 Juni 2017. Pendaftaran ulang: 19 s.d 23 Juni 2017.

Selanjutnya di jalur test SPMB Mandiri IAIN Pontianak dilaksanakan pendaftaran secara online di www.iainptk.ac.id/sipenmaru, pada tanggal 03 sd 21 Juli 2017. Pelaksanaan ujian/test: 01 s.d 02 Agustus 2017. Pengumuman hasil ujian: 14 Agustus 2017 dan daftar ulang pada: 14 s.d 21 Agustus 2017. Di jalur ini, pendaftar tidak mesti lulusan tahun 2017, bagi yang lulus SMA/MA/SMK pada tahun-tahun sebelumnya juga bisa mendaftar” jelasnya.

Aspari Ismail, Ketua Tim Promosi IAIN Pontianak mengatakan di “Saat ini IAIN Pontianak sudah banyak pilihan jurusan-jurusan yang sesuai dengan pangsa pasar. Di Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) ada empat jurusan, yaitu: Jurusan Pendidikan Agama Islam; Jurusan Pendidikan Bahasa Arab; Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah; dan Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini. Sedangkan Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam (FSEI) juga memiliki empat jurusan, yakni: Jurusan Ekonomi Syariah; Jurusan Muamalah/Hukum Ekonomi Syariah; Jurusan Perbankan Syariah dan Jurusan Ahwalus Syakhsiyah/ Hukum Keluarga Islam. Selain itu juga ada Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah (FUAD) yang memiliki lima jurusan, yaitu: Jurusan Bimbingan dan Konseling Islam; Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam; Jurusan Manajemen Dakwah; Jurusan Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir dan Jurusan Studi Agama-Agama. Kami juga menyediakan banyak jenis beasiswa untuk para mahasiswa, diantaranya beasiswa DIPA IAIN Pontianak, beasiswa Bank Indonesia, beasiswa Bank Mandiri, beasiswa Telkom dan lain-lain” katanya mengakhiri pembicaraan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here