Pengabdian Kepada Masyarakat Berbasis Riset, Dosen IAIN Pontianak Implementasikan Temuannya yang Fenomenal

0
131 views

PONTIANAK (iainptk.ac.id) – Dosen IAIN Pontianak, Dr. Samsul Hidayat, MA melakukan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) berbasis riset melalui penerapan metode cepat baca Al-Quran metode Quantum Hijaiyah yang ditemukannya pada tahun 2008. Kegiatan PKM dilakukan di Desa Mengkading Amboyo Kecamatan Ngabang Kabupaten Landak pada tanggal 1-3 Oktober 2021.

Melewati jalan hutan sawit yang rusak berat, selama 1 jam lebih Samsul Hidayat dan warga setempat menuju lokasi dakwah dengan susah payah. Sesampainya di tepian sungai Landak, Samsul harus menaiki motor air yang sudah disiapkan warga menuju perumahan penduduk tempat kegiatan pembinaan yang ditempuh sekitar 20 menit.

Setelah sampai di lokasi, kegiatan dimulai dengan silaturahmi dengan warga Mengkading yang hanya berjumlah 17 KK. Pada malam pertama, Samsul mengisi pengajian kepada masyarakat setempat yang mengangkat thema seputar pentingnya umat Islam belajar agama dengan menyeluruh. Salah satu yang perlu di pelajari adalah membaca ayat-ayat Al-Quran. Kemuliaan membaca Al-Quran adalah salah satu peluang yang dapat diraih umat Islam melalui upaya membaca dan memahami ayat-ayat Al-Quran dengan baik.

Pada Sabtu 2 Oktober 2021, kegiatan bina cepat baca Al-Quran di mulai sejak pukul 07.30 dan berakhir pada pukul 16.30. Peserta kegiatan pelatihan berjumlah 30 orang yang terdiri dari anak-anak, remaja dan dewasa. Selama kegiatan, peserta sangat antusias dan bergembira karena mendapatkan ilmu pengetahuan cara cepat baca Al-Quran yang belum pernah mereka dapatkan sebelumnya. Salah seorang peserta kegiatan, Pak Dodi yang sekaligus merupakan ketua RT di situ mengucapkan terimakasih dan merasa sangat beruntung karena bisa mendapatkan ilmu bimbingan cepat baca Al-Quran. Pak Dodi berharap agar pak Samsul Hidayat bisa datang kembali ke Mengkading memberikan siraman rohani dan pengajaran Al-Quran pada masyarakat Mengkading.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here