Peserta Latsar, Gelar Launching Buku

0
100 views

Pontianak (www.iainptk.ac.id) Gazebo IAIN Pontianak dipadati oleh mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI). Mereka menyiapkan diri untuk meresmikan peluncuran buku karya mereka hasil Bimbingan Karya Tulis yang dilakukan oleh Peserta Latsar Angkatan XIV Kementerian Agama, atas nama Farninda Aditya, Kamis (14/11/2019).

Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari hasil bimbingan yang dilakukan pada Sabtu (26/10/2019), yang selanjutnya dilakukan bimbingan intensif setiap pertemuan, Grup WA, dan bimbingan langsung terkait produksi buku.

Farninda mengatakan bahwa, Bimbingan Karya Tulis yang dilakukanya berdasarkan Buku Panduan yang ia susun, yakni Buku Panduan Menulis Kreatif.

“Saya menyusun Buku Panduan Menulis Kreatif, bahan menulis berdasarkan konten PAI dan juga diskusi dengan penulis lokal”, ceritanya setelah acara launching.

Selain menyusun buku panduan Farninda juga membuat blog khusus untuk karya tulis mahasiswa, dengan alamat aksaraftik.blog.home.

Calon Dosen Bahasa Indonesia ini mempertimbangkan media publikasi untuk karya tulis mahasiswa. Menurutnya media cetak dan media daring harus seimbang, terutama membangun kepercayaan diri mahasiswa berkarya dan memuplikasikanya.

Berikut buku-buku yang dilaunching:
1. BAHASA-BAHASA DI KALIMANTAN BARAT, Kisah Pengalaman Bahasa Mahasiswa PAI/1B FTIK IAIN PONTIANAK tahun 2019, editor : Rifa A’tul Mahmudah;

2. ANTARA MAHASISWA DAN BAHASA, Sebuah Cerita Pengalaman Bahasa Mahasiswa PAI/1C , Editor: Nova Tania;

3. TANPA TANPA JASA, Kumpulan Cerita Guru Favorit Mahasiswa PAI FTIK IAIN PONTIANAK Tahun 2019, editor : Rossanti, dkk.;

4. GERBANG MENUJU PENDIDIKAN ISLAM, Kisah Pengalaman PBAK Mahasiswa PAI/1D FTIK IAIN PONTIANAK TAHUN 2019, Editor : Sulastri

5. BAHASA DAERAH NEGERIKU KALIMANTAN BARAT, Editor : Santi Aprilia Wati;

6. Pengalaman PBAK karya Mahasiswa PAI C. Editor: Achmad Juliansyah dan Ahmad Aldi.

Achmad Juliansyah, Editor kelas PAI 1/C mengatakan bahwa sebelumnya, ia pribadi tidak memikirkan bisa menerbitkan buku. Bimbingan yang diberikan oleh dosen pengampu membuatnya dirinya termotivasi untuk menerbitkan buku lagi.

Penulis: Heriansyah
Editor:Aspari Ismail

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here