Visi dan Misi Pusat Teknologi Informasi dan Data (PTID) IAIN Pontianak.
Visi PTID IAIN Pontianak
“Menjadikan PTID sebagai pusat layanan data dan informasi bagi sivitas akademika dan pendayagunaan TIK untuk pengembangan IAIN Pontianak dalam rangka mewujudkan visi dan misinya”.
Misi PTID IAIN Pontianak
1. Membangun sistem jaringan komputer untuk IAIN Pontianak
2. Mengelola data dan informasi di IAIN Pontianak
3. Membangun sistem informasi terpadu di lingkungan IAIN Pontianak
4. Mengembangkan tata kelola IAIN Pontianak berbasis TIK
5. Memajukan SDM IAIN Pontianak dalam penguasaan dan pemanfaatan TIK
Tugas Pokok dan Fungsi Kepala PTID
Fungsi Pengelolaan
1. Tugas Pokok dan Fungsi Jabatan
Merencanakan, Mengembangkan, Mengelola, Memantau, dan Mewujudkan Sistem Layanan Informasi dan Data yang cepat dan akurat.
Tujuan Jabatan
a. Terwujudnya kelancaran akses layanan informasi dan data yang aman bagi civitas akademika IAIN Pontianak.
b. Tersedianya infrastruktur Teknologi Informasi dalam rangka mendukung kelancaran layanan informasi dan data.
c. Terintegrasinya layanan informasi dan data yang cepat dan akurat
d. Terwujudnya peningkatan SDM Teknologi Informasi civitas akademika IAIN Pontianak
Uraian Tugas dan Kegiatan
a. Melaksanakan pengawasan dan pengembangan layanan data
1) Merencanakan program kerja PTID kedepan
2) Memantau kelancaran akses jaringan internet
3) Merencanakan dan mengembangkan sarana dan prasarana infrastruktur layanan informasi dan data
4) Memberikan layanan informasi dan data
5) Merencanakan pengembangan layanan informasi dan data terintegrasi dalam mencapai tujuan ke arah worldclass university.
6) Memantau pengelolaan layanan informasi dan data
7) Memberikan arahan kepada seluruh staf untuk melaksanakan tugas dan fungsinya di masing-masing bidang.
8) Menilai dan mengawasi kinerja seluruh staf PTID
9) Menerima laporan jika terjadi kesalahan sistem
10) Menganalisa dan membuat keputusan terhadap permasalahan sistem
11) Membuat dan memberikan laporan kerja PTID kepada Atasan
Melaksanakan pengelolaan layanan jaringan
1) Mengatur kelancaran akses jaringan internet
2) Mengatasi permasalahan jika terjadi kegagalan akses jaringan
3) Memasangan peralatan untuk akses jaringan di setiap unit
4) Membantu kepala PTID dalam merencanakan pengembangan jaringan ke depan
5) Memberikan laporan tentang kelancaran maupun permasalahan akses jaringan internet kepada kepala PTID secara tertulis
Melaksanakan layanan Informasi Dan Data
1) Memantau kelancaran layanan informasi dan data
2) Memberikan solusi jika terjadi permasalahan pada layanan informasi dan data
3) Merencanakan dan mengembangkan layanan informasi dan data terintegrasi
4) Mengarahkan tim layanan informasi dan data dalam rangka pemenuhan akan informasi dan kelengkapan data
5) Membantu kepala PTID dalam merencanakan dan mengembangkan layanan informasi dan data kedepan
6) Memberikan laporan tentang layanan informasi dan data kepada kepala PTID secara tertulis
Melaksanakan Pengawasan Keamanan Sistem Teknologi Informasi
1) Memantau Keamanan akses jaringan dan layanan sistem infomasi
2) Memperbaiki sistem jika terjadi ancaman dari luar maupun dari dalam sistem
3) Membantu kepala PTID dalam Merencanakan dan mengembangkan sistem keamanan tingkat tinggi
4) Melaporkan hasil kerja kepada kepala PTID secara tertulis
Humas dan IT Trainer
1) Merencanakan dan menyelenggrakan pelatihan IT untuk meningkatkan SDM civitas akademika IAIN Pontianak
2) Membangun relasi dan kerjasama di bidang IT baik didalam maupun diluar kampus
3) Membantu kepala PTID dalam melaksanakan program kerja PTID kedepan
4) Memberikan laporan hasil kerja kepada kepala PTID secara tertulis