Sambut Mahasiswa Baru, PBAK IAIN Pontianak Tahun 2020 Secara Virtual Resmi Dibuka

0
600 views

PONTIANAK (iainptk.ac.id) — Plt. Rektor IAIN Pontianak, Dr. Misdah, M.Pd didampingi pimpinan IAIN Pontianak resmi membuka Pengenalan Budaya Akademik (PBAK) IAIN Pontianak Tahun 2020 secara Virtual, di Auditorium Syech Abdul Rani Mahmud Al-Yamani, Senin  28 September 2020.

PBAK merupakan kegiatan rutin tiap tahunnya dilakukan, kali ini terlaksana dengan tampilan berbeda. Namun demikian, Kondisi di tengah mewabahnya virus corona ini, tidak mengurangi semangat Civitas Akademika IAIN Pontianak untuk tetap memberikan yang terbaik pada kegiatan PBAK Virtual kali ini kepada Mahasiswa Barunya. Kesuksesan yang diraih pada pembukaan PBAK ini, tetap mentaati protokol kesehatan.

Ketua Panitia, Suyati, S.Ag menyampaikan “walaupun pelaksanaan ini secara virtual, semoga mendapat ridho Allah Swt. PBAK ini berfungsi untuk mendidik, membimbing, mengarahkan peserta untuk mengenali dan memahami sistim pendidikan di IAIN Pontianak. Sedangkan tujuan PBAK ini mengembangkan pemahaman dan Penghayatan peserta terhadap sistim pendidikan di IAIN Pontianak. Mengembangkan kecerdasan spiritual, emosional, intelektual dan sosial. Memupuk semangat solidaritas, dan toleransi diantara civitas akademika, mengembangkan rasa memiliki dan tanggung jawab akademik sosial terhadap pilihan disiplin ilmu, mengembangkan sikap kritis dan kreatif mahasiswa,” terang beliau.

Selanjutnya beliau juga menginformasikan kegiatan yang berlangsung selama tiga hari kedepan ini (28 September – 30 september) akan ditutup secara luring di Auditorium IAIN Pontianak. Adapun peserta PBAK ini menyebar di 14 Kabupaten kota yang ada di wilayah Kalimantan Barat serta ada sebagian  mahasiswa IAIN Pontianak yang mengikuti acara ini tersebar di seluruh Indonesia. Dari keseluruhan mahasiswa baru ini yang mengikuti kegiatan PBAK berjumlah 1456 mahasiswa. Yang terbagi menjadi 36 kelompok dengan 78 mentor, kelompok sesuai dengan wilayah kabupaten dan kota serta ada satu kelompok yang anggota mahasiswanya dari luar kalimantan barat berjumlah 25 mahasiswa, papar beliau.

Presiden Mahasiswa IAIN Pontianak, Muhammad Ali Fahmi, menyampaikan “jangan sia-siakan kesempatan kawan-kawan mahasiswa baru IAIN Pontianak, karena banyak teman kita yang tidak bisa kuliah terkendala biaya. Oleh karena itu, silahkan berproses, tunjukan skill, berinovasi dan berkarya,” harapnya bersemangat.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Alumni dan Kerjasama, Dr. Abdul Mukti, M.A., dalam sambutannya mengatakan “terimakasih atas kerjasama para mitra kerjasama IAIN Pontianak, baik itu pimpinan panitia maupun para kolega yang turut mensukseskan acara ini serta yang paling teristimewa mahasiswa baru IAIN Pontianak tahun akademik 2020/2021 baik yang di Provinsi Kalimantan Barat maupun seluruh Indonesia,” ucap beliau ramah.

Plt. Rektor IAIN Pontianak, Dr. Misdah, M.Pd menyampaikan “selamat datang adik-adik mahasiswa baru IAIN Pontianak di pembukaan PBAK virtual ini. Sekalipun kita tidak bertemu langsung, tetapi percaya hati kita sudah menyatu dalam pembukaan ini, ucap beliau ramah.

Dr. Misdah, M.Pd., Plt. Rektor IAIN Pontianak dalam “sambutan cintanya” juga menyampaikan terimakasih kepada adik-adik dan orang tua kalian karena telah mempercayai IAIN Pontianak sebagai tempat mengenyam pendidikan. Oleh karena itu, PBAK ini harus menjadi momen yang tepat bagi adik-adik mendapatkan budaya akademik dan informasi kemahasiswaan dan Insyaa Allah tidak akan mengecewakan. Sehingga keinginan kalian untuk menggali ilmu pengetahuan akan terbantu. Jadi, kami berharap kalian serius mengikuti kegiatan ini. Karena, setiap materi yang disampaikan akan menambah wawasan akademik dan wawasan Keislaman kalian,” harap beliau ramah.

Plt. Rektor IAIN Pontianak didampingi Wakil Rektor Kemahasiswaan Alumni dan Kerjasama juga menyerahkan kartu tanda peserta PBAK secara simbolis.

Oleh: Heriansyah
Editor: Omar Mukhtar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here