Tingkatkan Mutu Pendidikan, FSEI IAIN Pontianak Terapkan Manajemen Berbasis Akreditasi

0
253 views

fsei-2
Akreditasi institusi perguruan tinggi adalah proses evaluasi dan penilaian secara komprehensif atas komitmen perguruan tinggi terhadap mutu dan kapasitas penyelenggaraan program tridarma perguruan tinggi, untuk menentukan kelayakan program dan satuan pendidikan. Adapun tujuan dan manfaat akreditasi institusi perguruan tinggi adalah untuk memberikan jaminan bahwa institusi perguruan tinggi yang terakreditasi telah memenuhi standar mutu yang ditetapkan oleh BAN-PT.

Ichsan Iqbal, MM Dekan Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam (FSEI) (8/11) mengatakan sudah menjadi keharusan sebagai bagian dari entitas IAIN Pontianak untuk menguasai, memanfaatkan, mendiseminasikan, mentransformasikan dan mengembangkan ilmu pengetahuan kehususnya pada bidang kesyariahan dan keekonomi Islaman.

Dia menerangkan saat ini FSEI sudah berusaha maksimal turut melaksanakan fungsi Tridarma Perguruan Tinggi, yaitu pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Untuk menopang dedikasi dan fungsi tersebut, Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam IAIN Pontianak harus mampu mengatur diri sendiri dalam upaya meningkatkan dan menjamin mutu secara terus menerus, baik masukan, proses maupun keluaran berbagai program dan layanan yang diberikan kepada masyarakat.

Demikian juga dalam rangka mewujudkan akuntabilitas publik, paparnya, FSEI dalam penerapan manajemen berbasis akreditasi, secara aktif membangun penjaminan mutu internal. Untuk membuktikan bahwa penjaminan mutu internal telah dilaksanakan, maka Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam harus diakreditasi oleh lembaga penjaminan mutu eksternal.

“Dengan penjaminan mutu yang telah dijalankan selama ini, maka FSEI IAIN Pontianak Insya Allah akan mampu meningkatkan mutu, menegakkan otonomi, dan mengembangkan diri sebagai institusi akademik dan kekuatan moral masyarakat secara berkelanjutan”, lanjut Ichsan Iqbal.

Saat ini Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam (FSEI) memiliki empat Jurusan, yaitu Jurusan Ekonomi Islam, Jurusan Muamalah, Jurusan Perbankan Syariah dan Jurusan Ahwal Assyakhsiyyah. Dalam perjalanannya FSEI dari tahun ke tahun mengalami perkembangan yang signifikan baik dalam hal penerimaan mahasiswa baru maupun dalam pembangunan sarana dan prasarana perkuliahan.

Ke depan Fakultas yang di pimpin oleh DR. Ichsan Iqbal, MM. telah mengajukan program pengembangan FSEI menjadi dua Fakultas, yaitu Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEBI) dan Fakultas Syariah. Selain itu FSEI juga telah mengusulkan proposal ke Pemerintah Pusat untuk membuka Jurusan baru, yaitu Jurusan Manajemen Bisnis Syari’ah, Jurusan Akuntansi Syariah serta Manajemen Haji dan Umrah dalam tahap perencanaan pengusulan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here