Sebanyak 858 mahasiswa peserta Kuliah Kerja Lapangan (KKL) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak siap terjun berbhakti kepada masyarakat. Keberangkatan mahasiswa KKL dimaksud dilepas secara resmi oleh Rektor IAIN Pontianak, Dr. Syarif, MA, Senin pagi, (30/7/2018) di halaman kampus Gedung Rektorat IAIN Pontianak. Ratusan mahasiswa peserta KKL berbaris rapi dan penuh semangat mengikuti prosesi kegiatan. Tampak pula para Wakil Rektor, para Dekan, Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat (LP2M), para dosen pendamping, dan panitia dengan raut wajah bangga turut melepas rombongan mahasiswa-mahasiswi untuk melakukan pengabdian langsung kepada masyarakat.

Kegiatan KKL tahun ini berlokasi di kabupaten Kubu Raya. Seluruh peserta terbagi ke dalam 55 kelompok yang akan di tempatkan secara terpisah di empat kecamatan, yaitu Kecamatan Sungai Raya, Kecamatan Sungai Ambawang, Kecamatan Sungai Kakap, dan Kecamatan Kuala Mandor B. Kegiatan ini dijadwalkan akan berakhir pada 3 September 2018. Sebanyak 50 orang dosen pendamping dan 36 panitia ikut dikerahkan ke lokasi kegiatan guna menunjang kesuksesan kegiatan ini.

Rektor IAIN Pontianak Dr. Syarif, MA dalam sambutannya menyampaikan beberapa pesan penting kepada seluruh peserta. “Kegiatan KKL merupakan jihad bagi mahasiswa-mahasiswi sekalian. Bukan jihad dalam artian peperangan fisik, namun jihad dalam artian perjuangan yang sungguh-sungguh untuk memberikan pengabdian keilmuan terbaik bagi masyarakat. Tentu perjuangan tidak mudah dan akan mendapat banyak kesulitan dan rintangan. Maka dari itu, perjuangan ini kita sebut dengan jihad,” ungkapnya. Selain itu, ia juga mengingatkan agar para para mahasiswa-mahasiswi untuk selalu menjaga tata krama dan sopan-santun ketika berada di masyarakat.

Salah seorang mahasiswa peserta KKL Khairudin Ali mengutarakan rasa bahagianya dapat mengikuti kegiatan ini. “Harapan saya adalah seluruh mahasiswa-mahasiswi dapat mengikuti kegiatan ini dengan sungguh-sungguh. Ini merupakan sebuah moment bagi kami untuk terjun langsung ke masyarakat, menerapkan segala pengetahuan yang sudah diperoleh selama perkualiahan,” pungkasnya. Ia mengajak kepada teman-temannya untuk memberikan yang terbaik bagi masyarakat dan almamater. “Ayo kita gunakan kesempatan KKL ini untuk memberikan kemanfaatan yang luas bagi diri sendiri, masyarakat dan kampus tercinta,” imbuhnya bersemangat.
(Andry)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here