-

25 Artikel Mahasiswa IAIN Pontianak Submit Jurnal Nasional

Pontianak (iainptk.ac.id) – Ikhtiar untuk menghidupakan budaya akademik dalam bidang riset dan kepenulisan merupakan salah satu program prioritas IAIN Pontianak di tahun 2024. Prof. Dr. Syarif, MA., Rektor IAIN Pontianak secara khusus menjadikan peningkatan kualitas dibidang akademik sebagai fokus utama di tahun 2024. Hal ini sejalan dengan kegiatan akademik kemahasiswaan yang dipimpin langsung oleh Wakil Rektor bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama IAIN Pontianak, Dr. Islamil Ruslan, M. Si., pada tahun 2024, yakni student mobility.

Salah satu kegiatan unggulan yang dilaksanakan pada tahun 2024 adalah program student mobility ke tiga kampus di Sarawak, Malaysia: Universiti Malaysia Sarawak (UNIMAS), Institut Pendidikan Guru (IPG), dan Universiti Teknologi MARA (UiTM). Program ini diikuti oleh 40 mahasiswa Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, yang secara khusus dipilih berdasarkan prestasi akademik dan potensi penelitian mereka. Tujuan utama dari program student mobility ini adalah untuk memperluas wawasan akademik mahasiswa serta memberikan pengalaman internasional yang dapat memperkaya penelitian mereka. Dengan berinteraksi langsung dengan mahasiswa dan dosen dari tiga universitas terkemuka di Malaysia, peserta diharapkan dapat memperoleh perspektif baru dalam bidang studi mereka.

Kegiatan yang berlangsung 5-10 Mei 2024 memberikan berupaya memberikan pengalaman internasional kepada 40 mahasiswa terbaik IAIN Pontianak yang mewakili setiap program studi. Berikutnya artikel yang telah dipresentasikan dikanca internasional dikoreksi  kembali oleh Saripaini, MA., dan Ahmad Gozali, M. Ag sebagai dosen pembimbing, serta ditinjau ulang oleh Dr. Nur Hamzah selaku Koordinator Rumah Jurnal IAIN Pontianak untuk dipublikasi di jurnal nasional.

“Alhamdulillah dari 40 tulisan, ada 25 tulisan dinyatakan layak untuk dipublikasi di jurnal,” Ucap Dr. Ismail Ruslan, M. Si menanggapi kabar diterimanya 25 artikel mahasiswa pada jurnal-jurnal nasional.

Artikel-artikel ini merupakan hasil dari kerja keras dan dedikasi mahasiswa dalam mengikuti pelatihan dan bimbingan yang telah disediakan. Pencapaian ini tidak hanya menunjukkan kemampuan akademik para mahasiswa, tetapi juga menegaskan komitmen institusi dalam menciptakan lingkungan yang mendukung pengembangan riset.

Pelatihan dan bimbingan yang diberikan oleh IAIN Pontianak telah dirancang secara komprehensif untuk membekali mahasiswa dengan keterampilan yang diperlukan dalam penulisan artikel ilmiah. Keberhasilan ini juga mencerminkan sinergi antara mahasiswa dan dosen pembimbing. Dosen-dosen di IAIN Pontianak berperan aktif dalam memberikan arahan, umpan balik, dan dukungan moral sepanjang proses penulisan. Kolaborasi ini memastikan bahwa setiap artikel yang dihasilkan memiliki kualitas ilmiah yang tinggi dan berpotensi memberikan kontribusi signifikan bagi perkembangan ilmu pengetahuan.

Dengan terbitnya 25 artikel ilmiah ini, IAIN Pontianak telah menunjukkan bahwa institusi ini mampu bersaing di kancah akademik nasional maupun internasional. Artikel-artikel tersebut tidak hanya menambah portofolio akademik institusi, tetapi juga membuka peluang bagi mahasiswa untuk dikenal lebih luas di komunitas ilmiah. Ini merupakan langkah awal yang penting dalam perjalanan akademik mereka, sekaligus menjadi bukti konkret dari upaya IAIN Pontianak dalam memajukan riset dan pendidikan tinggi di Indonesia.

Penulis : Saripaini
Editor : Bambang

Print Friendly, PDF & Email