PONTIANAK (iainptk.ac.id) –Pusat Pengembangan Bahasa IAIN Pontianak mengadakan kegiatan English Translation Workshop di Laboratorium Bahasa IAIN Pontianak.

Kegiatan ini berlangsung selama tiga hari mulai tanggal (15-17/3. Narasumber kegiatan ini adalah Ainur Rizki, MA dan Nining Ismayani, MA. TESOL. lulusan luar negeri.

Mahasiswa yang berjumlah 35 orang merupakan utusan dari masing-masing fakultas ada dari Fakultas Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah serta dari Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Mereka diajarkan secara teori dan praktek untuk menerjemahkan bahasa Inggris dengan baik dan benar.

Kepala Pusat Pengembangan Bahasa IAIN Pontianak, Dr. Segu, MA, dalam acara pembukaan, Jumat (15/3) pagi memberikan informasi bahwa “Ini adalah pelatihan yang sekian kalinya kita lakukan yang berkaitan dengan Translation. Kita punya beberapa program Translation, penerima abstrak, dan juga pelatihan bahasa Inggris dan bahasa Arab.” terangnya.

“Nasarumber kita ambil dua orang lulusan luar negeri. Ibu Nining Ismayani, MA. TESOL lulusan University Australia. Dalam proses pelatihan mahasiswa juga boleh menanyakan bagaimana proses mendapatkan beasiswa ke Australia. Saya rasa itu bisa menjadi motivasi untuk kalian melanjutkan pendidikan ke luar negeri. Satu lagi pemateri kita dari lulusan Negara Skotlandia. Saya berharap dari hasil kegiatan ini selain mahir dalam terjemahkan bahasa Inggris, kalian juga dapat motivasi oleh narasumber untuk melamar beasiswa di luar negeri.” lanjutnya.

Salah satu mahasiswa, Ilma Cahya Khairani semester 6 yang mengikuti kegiatan ini mengatakan “Ini merupakan kegiatan positif karena diberi kesempatan beberapa mahasiswa dari perwakilan Fakultas, untuk mengembangkan dan menambah wawasan mengenai english translation ini. Karena mungkin beberapa mahasiswa masih belum mengerti beberapa kosakata dan bisa bertambah dengan adanya workshop ini.” Mahasiswa Prodi Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) ini berharap kegiatan English Translation Workshop bisa terus berlangsung dan lebih ramai lagi pesertanya” tutupnya.

Penulis: Bambang Eko Priyanto
Editor: Aspari Ismail

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here