BPK Goes to Campus, Sukses Gelar Kuliah Umum di IAIN Pontianak

0
252 views

PONTIANAK (iainptk.ac.id)–Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Republik Indonesia mengadakan kegiatan BPK Goes to Campus dengan menggelar Kuliah Umum. Tema yang diusung “Peran BPK dalam Mendorong Transparansi dan Akuntabilitas Pengelolaan Keuangan Negara”.

Kegiatan ini dilaksanakan di Aula Syeikh Abdul Rani Mahmud, pada Selasa (19/3) pagi. Lebih dari 400 peserta yang menghadiri acara itu. Tampak para pimpinan/pejabat IAIN Pontianak, Pimpinan BPK Perwakilan Kalbar, serta perwakilan mahasiswa dari 16 program studi di IAIN Pontianak.

Rektor IAIN Pontianak, Dr. Syarif, MA dalam sambutannya bersyukur kehadiran BPK RI ke IAIN Pontianak “Kegiatan hari ini merupakan sebuah karunia, anugerah besar dari Allah. Saya seperti dapat durian runtuh, karena saya hari-hari ini mempreteli anggaran. Banyak program penting yang mau diwujudkan dalam rangka maksimalisasi janji kami kepada masyarakat, yaitu melayani mahasiswa dengan upaya yang keras untuk mengupgrade kualitas pelayanan. Namun masih terkendala anggaran.” ujarnya.

“Terhadap keuangan saya sampaikan IAIN Pontianak sudah masuk ke persentase 99,9 %. Kemarin masih ada non tunai satu kasus karena ada mahasiswa angkatan lama di atas 2010 belum masuk ke sistem. Transaksi keuangan terutama internal pegawai, itu sudah 100% non tunai. Ikhtiar transparansi ini dan meminimalisir ketidak baikan yang kemungkinan terjadi. Kami sudah usahakan pada bulan Februari kemarin mahasiswa kami tidak perlu mengantri untuk daftar ulang di kampus. Mahasiswa sudah bisa ke ATM untuk daftar ulang.” tambah Rektor dengan disambut tepuk tangan meriah dari mahasiswa.

Wakil Ketua BPK RI, Prof. Dr. Bahrullah Akbar, M.B.A. dalam kuliah umum menyampaikan “Saya akan berbicara tentang 3 hal hari ini.p Pertama, mungkin ada yang belum kenal BPK sebagai lembaga tinggi Negara. Jadi setelah keluar dari kegiatan ini bisa kenal dan bisa sayang dengan BPK. Kedua, apasih tugas pokok, fungsi dan kewenangan dari BPK ? Ketiga, keuangan Negara itu apa? Setelah keluar dari sini bisa mengenal BPK, mungkin suatu saat kita bisa menerima lulusan dari IAIN Pontianak” katanya mengawali pembukaan.

“Kesimpulannya, BPK merupakan Lembaga Tinggi Negara yang sederajat dalam rangka cek dan balance. Kedua, seluruh uang Negara harus dipertanggung jawabkan. Ketiga, BPK diberikan amanah untuk melaksanakan pemeriksaan tanggung jawab pengelolaan keuangan Negara.” pungkasnya.

Pada sesi dialog, tampak antusias peserta mengajukan pertanyaan. Dengan lugas Wakil Ketua BPK menjawab pertanyaan peserta. Sesi berikutnya Prof. Bahrullah Akbar yang melakukan feedback mengajukan pertanyaan. Peserta yang berhasil menjawab pertanyaan diberikan dorprize.

Sesi akhir acara dilakukan penyerahan pertukaran cinderamata dan sertifikat antara Wakil Ketua BPK RI dengan Rektor IAIN Pontianak.

Penulis: Bambang Eko Priyanto
Editor: Aspari Ismail

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here