IAIN Pontianak Jadi Kampus Pilihan Mahasiswa Jerman

0
2,638 views

PONTIANAK (iainptk.ac.id) – Leon Walterman berasal dari Negara Jerman Kota Hamburg yang terletak di sebelah utara. Leon akan melakukan kegiatan visiting di IAIN Pontianak. Sebelumnya Leon Kuliah di Hamburg University Jerman Jurusan Bahasa dan Budaya Asia Tenggara dengan fokus Bahasa Indonesia dan Bahasa Arab. Leon memilih IAIN Pontianak dan mengambil kuliah di Program Studi Bahasa Arab (PBA).

Rektor IAIN Pontianak, Dr. Syarif, MA mengatakan “Kegiatan ini sangat positif sebagai bibit dan bisa mengisi MoU kita dengan Hamburg University. Kita juga sudah melakukan MoU dengan beberapa kampus luar negeri, seperti dengan Malaysia, Brunei Darussalam serta Tunisia. Kita akan melakukan pertukaran Mahasiswa” terang rektor.

“IAIN Pontianak yang memiliki Visi memuat tentang kebudayaan Borneo, ini sangat reliable sekali untuk kita lakukan MoU.” paparnya.

Leon mengungkapkan alasan kuliah di IAIN Pontianak saat di wawancarai di ruang Wakil Rektor I pada Senin (18/3) siang “Guru saya yang mengajar Bahasa Indonesia di Jerman teman dari Pak Nur Iskandar pemimpin berita online teraju.id dan guru saya menawarkan saya untuk pergi ke Pontianak untuk melakukan magang di tempat Pak Nur Iskandar itu tahun lalu bulan Februari. Itu pertama kali saya datang ke Pontianak, dan waktu saya datang pertama kali ke sini saya jadi tertarik untuk mendalami Budaya Melayu di sini, mendalami Bahasa Pontianak, Bahasa Melayu, dan belajar tentang budaya di sini. Profesor saya juga berkata kalau bisa kita membangun MoU, dengan adanya MoU mahasiswa IAIN Pontianak bisa datang ke Hamburg” Kata Leon dengan Bahasa Indonesia yang jelas.

Wakil Rektor I Bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga, Dr. Firdaus Achmad, M.Hum menegaskan “Kita sudah punya mahasiswa Malaysia yang kuliah disini. Kita inginkan Leon yang berasal dari Jerman ini bisa menjadi awal, sebagai pintu masuk bagi mahasiswa-mahasiswa lainnya. saya juga akan titipkan beliau di LP2M, karena dia tertarik untuk kajian budaya Melayu, kita berharap Leon mau dan bersedia melakukan penelitian di sini.”

Rektor IAIN Pontianak berharap “Kedepannya lebih banyak lagi visitor ke IAIN Pontianak. Insyaallah kedepan dalam waktu dekat kita akan membangun komunikasi dengan Profesornya Leon untuk diadakan tindaklanjut dari kerjasama ini.” pungkasnya.

Penulis: Bambang Eko Priyanto
Editor: Aspari Ismail

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here