PONTIANAK (iainptk.ac.id) — Senin (10/12) Asesor Badan Akreditasi Nasional- Perguruan Tinggi (BAN-PT) resmi melakukan visitasi akreditasi perguruan tinggi kepada IAIN Pontianak. Kegiatan tersebut terfokus di tiga tempat: Auditorium Syeikh Abdul Rani Mahmud, Ruang Rapat Senat, dan Ruang Rapat Lembaga Penjaminan Mutu IAIN Pontianak.

Rektor IAIN Pontianak, Dr. H. Syarif, MA membuka secara resmi acara penting itu dengan didampingi oleh Wakil Rektor I Bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga, Dr. Firdaus Achmad, MA, Wakil Rektor II Bidang Administrasi Umum, Dr. H. Saifuddin Herlambang, MA, Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama, Dr. Abdul Mukti Rouf, MA, dan dihadiri oleh seluruh pejabat dari institut maupun fakultas. Hadir pula Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Barat yang juga sebagai alumni IAIN Pontianak, Ketua ILUNI, Stakeholders, beberapa alumni dan mahasiswa.

Tim Assessor BAN-PT yang hadir dan melakukan visitasi dalam kesempatan tersebut terdiri dari tiga orang: Dr. Akhmad Rifai (Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga), Prof. Dr. Soesanto, M.Pd (Universitas Negeri Semarang), Dr. Sugeng Listyo Prabowo, M.Ag (Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim).

Rektor IAIN Pontianak, Dr. H. Syarif, MA mengungkapkan jika visitasi akreditasi perguruan tinggi yang dilaksanakan hari ini merupakan pertama kalinya bagi IAIN Pontianak. Sebenarnya rencana AIPT ini telah disusun kurang lebih 4 tahun yang lalu. Puncaknya tahun inilah dipersiapkan dan diproses secara maksimal. “Tentu kami sangat menyadari adanya kekurangan dalam persiapan dan pelaksanaan hari ini. Kami sangat mengharapkan masukan, saran, dan rekomendasi yang berharga dari tim assessor. Semoga acara hari ini mendapat karunia, rahmat, dan kebaikan dari Allah SWT.” paparnya.

Sementara itu, Ketua Tim Assessor, Dr. Akhmad Rifai mengatakan visitasi akreditasi yang dilaksanakan hari ini semoga berjalan dengan lancar dan sukses. Maka dari itu ia mengharapkan kerjasama yang baik dari seluruh peserta. Ia pun mengungkapkan jika kegiatan ini nanti akan terbagi menjadi tiga. Pertama, observasi fasilitas. Kedua, wawancara dengan stakeholders. Ketiga, wawancara alumni dan mahasiswa.

Penulis: Septian Utut
Editor: Aspari Ismail

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here