Sivitas akademika Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak menggelar acara sholawatan dan doa bersama pada Kamis sore (6/12) di Masjid Syeikh Abdul Rani Mahmud IAIN Pontianak. Kegiatan tersebut merupakan salah satu rangkaian upaya persiapan visitasi Akreditasi Institusi Perguruan Tinggi IAIN Pontianak oleh asesor dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) yang akan dilaksanakan pada tanggal 9 s/d 12 Desember 2018 mendatang. Tampak ratusan jamaah yang terdiri dari sebagian besar pejabat di lingkungan IAIN Pontianak, para dosen, mahasiswa memadati masjid.

Kegiatan yang mengusung tema “Dengan Semangat Cinta Kepada Rasulullah SAW, Kita Sukseskan Akreditasi Institusi Perguruan Tinggi (AIPT) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak” ini didahului dengan sholat Ashar berjamaah yang langsung diimami oleh Rektor IAIN Pontianak. Acara kemudian dilanjutkan pembacaan sholawat Nabi oleh seluruh jamaah. Tampil Ust. Moh. Yusuf Hidayat, M. Pd sebagai pemandu sholawat dengan diiringi oleh alunan hadrah yang dimainkan oleh para mahasantri Ma’had Al Jamiah IAIN Pontianak. Suasana ukhwah Islamiah begitu terasa ketika jamaah dengan semangat melantunkan bacaan sholawat bersama.

Dalam sambutannya, Rektor IAIN Pontianak Dr. Syarif, MA mengajak seluruh sivitas akademika IAIN Pontianak untuk membangun kesolidan dalam rangka menyukseskan kegiatan visitasi akreditasi institusi Perguruan Tinggi IAIN Pontianak tahun 2018. “Semangat maulid Nabi Muhammad SAW memberikan motivasi yang lebih bagi segenap sivitas akademika IAIN Pontianak dalam bekerja keras menyuksekan AIPT ini” tuturnya. Ia juga menambahkan bahwa Pembacaan sholawat kepada Nabi Muhammad SAW merupakan jalan mencari washilah ijabah doa dan ridho Allah SWT dalam Hajat Besar ini.

“Kita berharap meraih hasil yang terbaik. Hal ini mengingat begitu pentingnya status akreditasi Perguruan Tinggi, baik bagi pengembangan lembaga ini, bagi seluruh dosen, pegawai dan mahasiswa, maupun bagi para lulusannya”, pungkasnya.

“Untuk itu saya mengajak seluruh pihak untuk bersama bekerja sama, bekerja keras, dan berdoa demi suksesnya agenda besar ini”, tuturnya dengan penuh optimisme. Ia lalu mengajak para jamaah bersama-sama untuk menundukkan hati bermunajat kepada Allah dan Rasul-Nya demi suksesnya agenda besar dan penting ini.

Acara kemudian dilanjutkan dengan doa bersama dipimpin langsung oleh Wakil Rektor bidang Administrasi Umum Dr. H. Saifuddin Herlambang, MA. Para jamaah secara bersama menengadahkan tangan berdoa dengan raut wajah yang menunjukkan kekhusuan. Kegiatan ini kemudian diakhiri dengan bersalam-salaman.

Penulis: Andry Fitriyanto
Editor: Aspari Ismail

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here