Capaian dan Target Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama IAIN Pontianak

0
254 views

Bengkayang (iainptk.ac.id) — Rapat Kerja (Raker) IAIN Pontianak yang berlangsung di Kahyangan Resort Kabupaten Bengkayang. Berlangsung selama empat hari di mulai dari tanggal 20-23 Januari 2020. Pada hari kedua, materi pertama disampaikan oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan kerjasama, Dr. Abdul Mukti, MA., dan moderator dalam penyampaian materi, dipandu oleh Suyati, S.Ag.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan kerjasama, menyampaikan capaian yang sudah dilakukan pada tahun 2019, dilihat dari bidang kemahasiswaan diantaranya. Pertama, pemberian penghargaan kepada mahasiswa berprestasi dalam acara IAIN Annual Achievment. Kedua, terlaksananya perintisan perkemahan PBAK. Ketiga, terlaksananya rintisan sertifikasi wawasan kebangsaan bagi mahasiswa baru. Terakhir terlaksananya kegiatan mandiri pembinaan mahasiswa bidik misi melalui lembaga pengelola bidik misi.

Dilihat dari bidang kerjasama yang sudah dilakukan adalah tersedianya database naskah MoU hingga tahun 2019. Terlealisasinya 30 % realisasi MoU pada tahun 2019. Dilihat dari sisi Bidang Alumni, kegiatan yang terlaksana adalah kontribusi almuni dalam program pemberian beasiswa pada acara IAIN Annual Achievment.

Selain capaian, Warek yang lebih dekat dengan Pengurus Organisasi Kemahasiswaan (Ormawa) juga menyampaikan target di tahun 2020. Seperti penyeragaman periode kepengurusan Ormawa sesuai dengan tahun anggaran. Kedua, penataan melalui database fakultas tentang club-club fakultas sesuai dengan tuntutan keahlian prodi. Terakhir, mahasiswa memiliki pengalaman dan prestasi dibidang akademik dan non akademik di luar negeri sesuai dengan tuntutan mutu mahasiswa.

Warek yang mengurusi kerjasama juga memiliki agenda prioritas tahun 2020 diantaranya,

  1. Pembentukan International Office
  2. Pembentukan lembaga layanan kesehatan dan konseling mahasiswa
  3. Pembentukan Pionir Center
  4. Relokasi sekretariat Demaf ke Gedung Fakultas
  5. Pencairan bantuan operasional Ormawa dengan dua tahap
  6. Subdomain website kemahasiswaan

Beliau juga membuat rancangan peta kegiatan berdasarkan POK tahun 2020

  1. Perkemahan wirakarya mahasiswa di Palembang, pada bulan Juni.
  2. Pengenal budaya akademik dan kemahasiswaan, pada bulan Agustus.
  3. Borneo undergraduate akademic forum, pada bulan Oktober.
  4. Rektor award dan student achievement, pada bulan Desember.
  5. Tracer study, pada bulan Juni-Juli.
  6. Sertifikasi wawasan kebangsaan, pada bulan Februari.

Editor: Mulyadi
Penulis: Bambang Eko priyanto

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here