CPNS Dosen FTIK Adakan FGD Peningkatan Kualitas Pembelajaran

0
750 views

Pontianak (iainptk.ac.id) — CPNS Dosen Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) IAIN Pontianak mengadakan Focus Group Discussion (FGD). FGD digelar dalam rangka habituasi pelaksanaan Rancangan Aktualisasi Pelatihan Dasar CPNS Kementerian Agama tahun 2019. Kegiatan itu diselenggarakan di ruang pertemuan Program Pascasarjana Gedung Prof. Saifuddin Zuhri IAIN Pontianak (Kamis, 31/10/2019).

Adapun FGD kali ini menghadirkan dua orang presentator dengan dua tema yang berbeda. Presentator pertama Arif Adi Purwoko, S. Fil, M. Sc CPNS Dosen Pancasila FTIK yang mengusung tema “Standarisasi Materi Terintegratif Nilai Islam dan Entonasionalisme pada Mata Kuliah Umum Pancasila. Sedangkan Presentator kedua adalah Andry Fitriyanto, M. Ud, CPNS Dosen filsafat yang membawa tema “Digitalisasi Pembelajaran Filsafat di Lingkungan FTIK IAIN Pontianak”.

Hadir sebagai panelis dalam kegiatan ini Dr. Firdaus Achmad, M. Hum, Wakil Rektor Bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga IAIN Pontianak yang sekaligus merupakan dosen senior pengampu mata kuliah filsafat ilmu. Dr. Ali Hasmy, M. Si Dekan Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan yang juga merupakan mentor CPNS IAIN Pontianak gelombang IV. Adapun dua panelis lainnya adalah Ma’ruf, S. Ag, M. Ag, Kaprodi Pendidikan Agama Islam dan Helva Zurayah, S. Pd, M. Pd Kaprodi Pendidikan Anak Usia Dini. FGD kali ini juga diramaikan oleh rekan-rekan dosen di lingkungan FTIK IAIN Pontianak.

FGD berjalan dengan penuh rasa kekeluargaan. Beberapa kritik, saran dan masukan diutarakan para panelis dan peserta diskusi secara elegan.

Sesekali riuh canda tawa terdengar menghiasi suasana ruangan yang nyaman tersebut. Kegiatan seperti ini dirasa sangat penting dalam menunjang peningkatan kualitas dan profesionalitas CPNS Dosen di IAIN Pontianak. Hal ini mengingat perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan informasi begitu derasnya, sehingga seluruh elemen sivitas akademika harus mempersiapkan diri dan lembaganya untuk dapat beradaptasi dengan kondisi tersebut.

“Kita semua sepakat bahwa kegiatan ini dan pelaksanaan rancangan aktualisasi CPNS dosen FTIK IAIN Pontianak ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas dan kreativitas pembelajaran. Tentu, ini merupakan upaya dalam meningkatkan kualitas pengajaran dan daya tangkap mahasiswa terhadap keilmuan yang diberikan,” ujar panelis Dr. Firdaus Achmad, M. Hum. Ia melanjutkan bahwa seluruh rancangan aktualisasi hendaknya dijalankan dengan sungguh-sungguh dan penuh rasa tanggung jawab. Hal penting lainnya yang ia sampaikan adalah terkait orientasi aktivitas pengajaran CPNS Dosen haruslah muncul dari sebuah sikap integritas pengabdian kepada institusi, agama dan negara, orientasi terhadap upah (money oriented) haruslah dihindari demi keberkahan pekerjaan yang dilakukan.

Sementara itu panelis kedua Dr. Ali Hasmy, M. Si menekankan pentingnya meningkatkan nalar kritis dan kreatifitas mahasiswa dalam setiap pembelajaran yang dilakukan. Semua itu merupakan bekal bagi mahasiswa untuk menghadapi persaingan global yang kian mengetat. Panelis ketiga dan keempat juga menyatakan kesetujuannya agar CPNS Dosen IAIN Pontianak terus belajar untuk meningkatkan kapasitas, kualitas, dan kreatifitas dirinya untuk mendukung performa yang lebih baik dalam proses transfer of knowledge dan transfer of value di forum pembelajaran.

Usai kegiatan, dua presentator menyatakan perasaan gembira mereka setelah menjalani kegiatan ini. Mereka mengaku mendapatkan banyak saran, nasihat dan masukan yang membangun. “Forumnya cukup hangat dan dinamis serta berkualitas”, ujar Andry. Sedangkan Arif menyatakan harapannya bahwa semua saran dan masukan yang membangun dalam FGD tersebut dapat kami jalankan dengan sepenuh hati.

Penulis: Ishak
Editor: Aspari Ismail

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here