Dakwah Fair 2013

0
199 views

Saat ini jurusan Dakwah memiliki 4 prodi, 2 diantaranya merupakan prodi baru yaitu Manajemen Dakwah, dan Ilmu al-Qur’an dan Tafsir. Pada tahun mendatang jurusan Dakwah sedang merencanakan dan mempersiapkan pembukaan prodi Perbandingan Agama, prodi Ilmu Perpustakaan dan Informasi, dan prodi Psikologi.

dakwah

Ketua STAIN Pontianak Dr. Hamka Siregar, M.Ag merasa bangga dengan kegiatan “Dakwah Fair 2013”, kegiatan ini dipandang sukses dan mengundang banyak perhatian, pembaca dan pendengar media, maupun civitas akademika STAIN Pontianak selama sepekan. Tidak luput, gramedia juga ikut memeriahkan kegiatan tersebut dengan melakukan bazar buku-buku Dakwah dan Keagamaan yang dijual dengan harga rendah.

“Kegiatan-kegiatan seperti ini kita bisa meningkatkan kemampuan dan kualitas. Kita berharap jurusan-jurusan yang ada akan berkembang dengan baik, lebih kompetitif karena masing-masing jurusan punya unggulan program studi dan kampus pun menjadi semarak. Saya berharap jurusan Dakwah dapat menjadi fakultas favorit di masa IAIN Pontianak mendatang”, tegas Dr. H. Hamka Siregar, M.Ag.

dakwah#2Jurusan Dakwah sepertinya pun sedang menunjukkan intensitas dan semangat akademik untuk mengubah secara fundamental dan merestrukturisasi keberadaan jurusan secara keseluruhan baik ditingkat individu maupun kolektif. Berawal dari sebuah ide sederhana menggabungkan beberapa kegiatan prodi dan unit-unit di jurusan Dakwah ke dalam satu wadah yang lebih besar yang dinamakan “Dakwah Fair 2013” yang berlangsung selama sepekan (23-28/9/13).

Dikatakan ketua jurusan Dr. H. wajidi Sayadi, M. Ag, kegiatan Dakwah Fair dilaksanakan selama sepekan diawali dengan studium general dengan tema “Ikhtiar Membangun Soliditas, Integritas dan Sinergisitas Dakwah di Era Globalisasi”, acara ini secara khusus menghadirkan Prof. Dr. H. Asep Saiful Muhtadi, MA dari Universitas Negeri Sunan Gunung Jati Bandung. Agenda selanjutnya seminar Penyiaran Radio dan Telivisi. Bertemakan “Membangun Insan Penyiaran yang Kreatif dan Profesional Berbasis Komunitas”. Menghadirkan pembicara dari KPID Kalbar, Faisal Riza, ST, dan Praktisi TV, Mursalin, SP.

Kegiatan besar lainnya adalah seminar konseling yang mengangkat tema “Menyikapi Permasalahan di Sekolah dan Masyarakat (Konseling Sekolah, Perkawinan, Kesehatan, dan Remaja)” yang menghadirkkan pembicara dari BKKBN, UNTAN, Kesehatan dan Pengadilan Agama. Disamping itu ada pula acara Temu Alumni, Panel Doctor yang menghadirkan doctor-doctor di jurusan Dakwah(Dr. H. Wajidi Sayadi, M. Ag. Dr. Yusriadi, Dr. Zaenuddin, MA, Dr. Hasbullah Diman, Dr.Ibrahim, MA, dan Dr. Harjani Hefmi, MA) yang mengangkat tema “Dakwah dalam Multi Perspektif”, dan Pelatihan Produksi Acara Radio.

dakwah#3Selanjutnya, acara Workshop Kurikulum Pengembangan Prodi, sekaligus launching dan penandatangan MoU Prodi IAT dan MD serta Launching website Jurusan Dakwah yang menghadirkan Dr. Muhammad Zain, M. Ag., Kasubdit Akademik dan Kemahasiswaan Dirjen Pendis Kemenag RI dan stakeholders, dan tidak ketinggalan pula kegiatan Workshop Kurikulum Pengembangan Jurusan Dakwah dengan pembahasan kurikulum Prodi Ilmu Perbandingan Agama, Ilmu Perpustakaan dan Informasi, dan Psikologi yang menghadirkan stakeholders (FKUB, pihak sekolah ditingkat SMA dan sederajat, Dikbud, Kemenag, dan dosen-dosen).

Ketua Jurusan Dakwah berharap dengan kegiatan dan tema-tema yang dibangun akan memberikan semangat, rasa solidaritas, dan sinergisitas seluruh komponen dan kekuatan STAIN Pontianak, terutama integritas jurusan Dakwah ke depan, apa lagi dalam rangka moment menyambut peresmian alih status STAIN menjadi IAIN Pontianak.

Dituturkannya, saat ini jurusan Dakwah memiliki 4 prodi, 2 diantaranya merupakan prodi baru yaitu Manajemen Dakwah, dan Ilmu al-Qur’an dan Tafsir. Pada tahun mendatang jurusan Dakwah sedang merencanakan dan mempersiapkan pembukaan prodi Perbandingan Agama, prodi Ilmu Perpustakaan dan Informasi, dan prodi Psikologi. Adapun mengenai nama prodi-prodi baru masih akan dilakukan pengkajian mendalam.

Ketua jurusan Dakwah optimis kedepannya, saat ini jurusan Dakwah memiliki 4 prodi dan mahasiswa baru berjumlah 118 orang. Maka untuk seterusnya bila jurusan Dakwah dapat merealisasikan prodi-prodi baru yang akan diusulkan, terbuka lebar mahasiswa jurusan Dakwah akan bertambah banyak.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here