Gedung Sekolah Direnovasi, Mahasiswa KKL IAIN Pontianak Mengajar dan Buka Bimbel di Posko

0
288 views

WAJOK HILIR (www.iainptk.ac.id)—SD Negeri 16 Siantan, Dusun Parit H.Kadir Desa Wajok Hilir, Kecamatan Jungkat Kabupaten Mempawah sedang direnovasi. Aktivitas proses belajar mengajarpun untuk sementara dilaksanakan di posko-posko sementara, seperti di masjid dan di rumah warga. Mahasiswa KKL IAIN Pontianak kelompok 52 yang bertugas di daerah tersebut turut mengabdikan ilmunya pun ikut andil mengajar murid-murid di posko sementara itu. Meskipun belajar di posko, murid-murid tetap semangat dalam mengikuti proses pembelajaran.

Sebagaimana yang dikatakan oleh Rahman, “Antusias anak-anak dalam menuntut ilmu sangatlah besar meskipun harus belajar di posko-posko sementara. Mereka datang tepat waktu, dan aktif berinteraksi ketika aktivitas proses belajar mengajar sedang berlangsung.
Melihat antusias anak-anak yang tetap semangat, membuat mahasiswa pun lebih bersemangat lagi dalam mengajar dan berbagi ilmu untuk mereka, meskipun dengan kondisi yang tidak memungkinkan. Semoga sekolah yang direnovasi dapat segera terselesaikan sehingga, proses belajar mengajar dapat kembali berjalan sebagaimana mana mestinya” harapnya.

Selain mengajar saat jam sekolah, mahasiswa KKL ini juga membuat program bimbingan belajar (bimbel). Hal itu dapat menunjang aktifitas belajar anak. Selain mereka harus mempunyai waktu untuk bermain, mengulang materi yang dipelajari di sekolah juga sangat penting.

Bimbingan yang diberikan oleh mahasiswa KKL sesuai dengan kebutuhan anak-anak mulai dari membantu mengerjakan PR, mengajarkan doa sehari-hari, belajar membaca dan praktik sholat. Semua diajarkan secara suka rela atau gratis.

Posko kelompok 52 tepatnya di rumah ibu Ana Maryana menjadi pusat Bimbel yang dilaksanakan setiap hari Senin dan Kamis mulai dari jam 15:30-16:30. Semua anak-anak sangat antusias mengikuti kegiatan tersebut, bahkan mereka datang lebih awal dari waktu yang sudah ditentukan. Dari adanya kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kecerdasan anak anak, dan mempererat hubungan silaturahim antara mahasiswa dan murid-murid.

Penulis: Ani Saputri
dan Rasidatul Haulah
Editor: Aspari Ismail

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here