IAIN Pontianak Antusias Sukseskan Bhakti Kesehatan Bidokkes Polda Kalbar

0
48 views

Pontianak (www.iainptk.ac.id)– Ratusan sivitas akademika IAIN Pontianak yang terdiri dari Pimpinan IAIN Pontianak, Dosen, tenaga kependidikan maupun mahasiswa IAIN Pontianak memadati ruangan Aula Syeikh Abdul Rani untuk mengikuti kegiatan Bakti Kesehatan dengan tema “Kesehatan Jantung”. Kegiatan itu diselengggarakan oleh Kepolisian Negara Republik Indonesia Daerah Kalimantan Barat Bidang Kedokteran dan Kesehatan, Rabu (9/10).

Pada kesempatan ini, Wakil Rektor Bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga, Dr. Firdaus Achmad, M.Hum selaku Pelaksana Harian (Plh) Rektor dalam sambutannya mengatakan “Selamat datang di kampus kami IAIN Pontianak yang sedang berbenah saat ini. Mudah-mudahan kegiatan ini, menjadi pintu masuk untuk kami melakukan kerjasama dengan Polda Kalimantan Barat, Karena hari ini sudah mulai kegiatan dan besok (Kamis,10 Oktober 2019) rencananya akan ada penandatanganan MoU”, ujarnya.

Selanjutnya ia mengatakan “Saat kami menyampaikan akan ada cek kesehatan jantung secara gratis, respon teman-teman dosen takut. Mereka takut, takut tidak ikhlas kalau dia tahu bahwa jantungnya bermasalah. Padahal kita tahu, lebih baik tahu diawal lebih baik untuk diambil tindakan selanjutnya. Orang IAIN semestinya menjadi kelompok masyarakat yang hidupnya sehat melebihi orang lain, karena kita meyakini firman Allah dalam al-Quran menjamin kita untuk hidup sehat sembari beliau mengutip ayat al-Quran yang artinya “Dan Kami turunkan dari al Quran suatu yang menjadi obat (penawar) dan rahmat bagi orang-orang yang beriman…” jelasnya.

Plh. Rektor itu menambahkan, “Mudahan-mudahan kerjasama hari ini bisa menghadirkan kerjasama yang lain. Semoga Allah memberikan kita kesehatan, sehat badan, pikiran dan perbuatan terlebih kesehatan hati. Terima kasih Kepada Bapak Wakil Kapolda dan jajaran kami minta maaf, apabila dalam sambutan dan kondisi kampus yang sedang berbenah membuat tidak nyaman. Tetapi, yakinlah bahwa ketidaknyamanan ini tidak akan mengancam kesehatan jantung orang yang ada didalamnya mudahan Allah memberkahi kegiatan yang telah, sedang dan akan kita lakukan ini” tutupnya disambut tepuk tangan yang gemuruh oleh hadirin.

Waka Polda Kalimantan Barat Brigjen Pol. Drs. Imam Sugianto, M.Si mewakili Kapolda Kalbar membacakan sambutan dan membuka acara ini secara resmi. Wakapolda mengatakan “Sebenarnya kegiatan ini dilaksanakan secara serentak, namun karena keterbatasan tenaga teknis dan lainnya kita batasi pesertanya, karena memang jika tidak dibatasi mungkin seharian baru selesai. Tetapi mungkin kedepan kita coba tidak hanya kesehatan jantung, tetapi bisa ke medis yang lain baik konsultasi kesehatan jiwa, psikologi dan yang lainnya. Sehingga bisa membangun komunikasi yang baik dan membantu ke arah yang baik dan berkelanjutan yang dirasakan kontribusinya, harapnya.

Selanjutnya beliau mengatakan “Adik-adik mahasiswa inilah yang memiliki sikap dan peranan yang penting dengan segala aktivitas yang dilakukan itu diharapkan bisa memberikan kontribusi terhadap kemajuan dan kesejahteraan masyarakat tempat atau lingkungan adik-adik berada” tutupnya.

Pantauan tim humas IAIN Pontianak, peserta yang hadir membludak. Dari data registrasi diketahui jumlah yang hadir sebanyak 150 orang. Melampaui target kuota yang semula hanya untuk 120 orang.

Penulis: Heriansyah
Editor: Aspari Ismail

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here