IAIN Pontianak Gelar FGD PTKIN  Se-Indonesia dan Seminar Internasional Manuskrip

0
176 views

top image

Institut Agama Islam Negeri Pontianak (IAIN) Pontianak dipercaya sebagai tuan rumah penyelenggaraan Focus Group Discussion (FGD) Perencanaan serta FGD Wakil Rektor II/Wakil Ketua II bagi Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) Se- Indonesia. Kegiatan ini akan dilaksanakan pada 15-18 September 2015 di Hotel Orchardz Pontianak.

Muhamad Dimyati, MM., selaku Ketua Panitia FGD  mengatakan: “Kegiatan FGD ini dilaksanakan sebagai bagian dari suatu metode PRA (Participacy Rapid Appraisal), yakni sebuah forum diskusi yang dilakukan secara interaktif dalam melihat permasalahan yang dihadapi melalui curah pendapat (brainstorming) dalam menemukan penyelesaian masalah terkait dengan penganggaran atau perencanaan dan keuangan di masing-masing satker PTKIN. FGD yang dilaksanakan secara berkala dan berkelanjutan ini merupakan sebuah langkah dalam mengawal dan melakukan proses penyusunan anggaran agar tepat sasaran dan tidak bertentangan dengan regulasi yang telah ditetapkan”.

“Khusus kegiatan FGD yang digelar di Pontianak ini fokus pada peningkatan pemahaman tentang penganggaran pengadaan barang/jasa pemerintah. Dengan demikian diharapkan setelah melakukan ekspolarasi terhadap berbagai persoalan di lapangan akan meningkatkan pemahaman dan penguatan kompetensi serta profesionalitas para perencana di PTKIN se-Indonesia” jelas Dimyati.

Foto Bilboard FGD dan Seminar International  ManuscriptsDimyati melanjutkan, “Adapun FGD Wakil Rektor II/Wakil Ketua II sebagai pejabat yang menangani bidang Administrasi Umum, Perencanaan dan Keuangan pada masing-masing satker juga akan melakukan FGD untuk melakukan pengawalan kegiatan perencanaan dan menelaah kembali terhadap ssstem penganggaran dan hal urgen lain yang perlu didiskusikan”.

Suhaimi, M.Pd, Sekretaris Panitia mengatakan: “Panitia sudah berkerja dengan professional dalam menyukseskan acara ini. Ada 180 peserta yang menyatakan siap hadir. Dari 55 PTKIN    Se-Indonesia yang sudah konfirmasi menyatakan siap hadir ada 48 PTKIN. Adapun para pembicara yang kami undang dari Sekretaris Dirjen Pendidikan Islam Kemenag RI; Direktur Pendidikan Tinggi Islam; Bappenas; LKPP Pusat; serta Kabag Perencanaan dan Sistem Informasi Dirjen Pendis Kemenag RI. Semua pembicara menyatakan siap hadir menyukseskan kegiatan ini. Selain diskusi di dalam forum, para peserta juga akan dilatih kekompakan dan membangun tim work yang solid dalam berorganisasi melalui outbound di Singkawang” paparnya.

Rektor IAIN Pontianak Dr. Hamka Siregar, mengatakan “Sebagai Rektor saya mengapresiasi dan berterimakasih atas kepercayaan yang diberikan oleh Kemenag Pusat yang menunjuk IAIN Pontianak sebagai tuan rumah kegiatan-kegiatan nasional. Alhamdulillah IAIN Pontianak juga sukses menyelenggarakan kegiatan pertemuan Forum Rektor, Forum Wakil Rektor I/Wakil Ketua I PTKIN Se-Indonesia, Forum Wakil Rektor II/Wakil Ketua II PTKIN Se-Indonesia; dan Forum Wakil Rektor III PTKIN se-Indonesia. Dalam waktu dekat ini IAIN Pontianak juga ditunjuk sebagai tuan rumah kegiatan Seminar Internasional Manuskrip yang akan dihadiri 9 negara (Inggris, Amerika Serikat, Prancis, Belanda, Jerman, Indonesia, Singapura, Malaysia dan Brunei) pada tanggal 17 s.d 20 September 2015 ini” katanya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here