-

IAIN Pontianak Resmi Jadi Tuan Rumah Konferensi Antarbangsa Islam Borneo 2025

Pontianak (iainptk.ac.id)-Konferensi Antarbangsa Islam Borneo (KAIB) telah menjadi tonggak penting dalam mempererat hubungan antara negara-negara di wilayah Borneo. KAIB ke-15 yang diadakan di Universiti Islam Sultan Syarif Ali (UNISSA) Brunei Darussalam pada 5-7 Juni 2024 berhasil menorehkan catatan sukses dengan partisipasi lebih dari 200 akademisi, peneliti, dan pelaku lainnya dalam dunia Islam.

Acara penutupan KAIB ke-15, yang berlangsung di ICC Brunei pada 6 Juni 2024, menjadi momentum penting dimana tonggak kepanitiaan resmi diserahkan dari UNISSA Brunei Darussalam kepada IAIN Pontianak, yang ditetapkan sebagai tuan rumah KAIB ke-16 tahun 2025.

Hal ini ditandai berupa serah terima dokumen pengrusi (kepanitiaan) dari Rektor UNISSA Brunei Darussalam Prof. Dr. Nurarfan Bin Haji Zainal kepada Rektor IAIN Pontianak Prof. Dr. H. Syarif, S.Ag. MA., yang didampingi oleh Wakil Rektor Bidang Kerjasama, Alumni, dan Kemahasiswaan, Dr. Ismail Ruslan, M.Si.,

Dalam sambutannya, Rektor menegaskan kesiapan IAIN Pontianak untuk menjadi tuan rumah KAIB ke-16, yang akan segera diikuti dengan rapat perdana internal untuk menyusun agenda dan persiapan lainnya. Rencananya, akan diadakan juga pertemuan perdana Pengrusi KAIB di UiTM MARA Sabah pada bulan Juli 2024 di Kota Kinabalu.

“IAIN Pontianak tentu siap menerima tonggak kepanitiaan ini untuk diadakan KAIB yang ke 16 tahun depan. Oleh karena itu segera kita akan lakukan rapat internal untuk mempersiapkan perhelatan ini. Disamping itu, kita akan bertolak ke UiTM untuk melakukan pertemuan terkait hal ini pada juli mendatang”,ucapnya.

Selain itu, Prof. Syarif mengungkapkan rencananya untuk menghadap Menteri Agama RI dan Gubernur Kalimantan Barat dalam waktu dekat, yang akan ditentukan lebih lanjut pada pertemuan perdana di Kota Kinabalu, Sabah. Hal ini menunjukkan komitmen IAIN Pontianak untuk memastikan suksesnya KAIB ke-16 serta memperkuat kerjasama lintas negara dan lintas sektor.

Sementara itu, Dr. Ismail Ruslan, M.Si, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama, menambahkan bahwa partisipasi IAIN Pontianak dalam KAIB ke-15 memberikan pengalaman berharga yang akan menjadi landasan untuk persiapan lebih lanjut dalam KAIB ke-16. Sukses akademik yang dicapai dalam KAIB ke-15 menjadi motivasi tambahan bagi IAIN Pontianak untuk mempersembahkan yang terbaik dalam penyelenggaraan KAIB ke-16 tahun mendatang.

Penulis : Farli
Editor : Bambang

Print Friendly, PDF & Email