IAIN Pontianak Sukses Selenggarakan Acara Kampus Pengusung Moderasi Beragama

0
73 views

Pontianak (iainptk.ac.id)–Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak bersama Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) dan Forum Kerukunan Umat Beragama menggelar acara Kampus Pengusung Moderasi Beragama dengan tema “Sinergi Damai dari Kalbar untuk Indonesia”, Sabtu (16/11/2019).

Kegiatan yang berlangsung di Aula Syeikh Abdurrani IAIN Pontianak ini terselenggara atas kerjasama Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat, Polda Kalbar, Kodam XII Tanjungpura, serta beberapa instansi terkait.

Mengawali kegiatan ini, terdapat penampilan puisi yang begitu apik oleh salah satu mahasiswa IAIN Pontianak. Tidak hanya itu, ada beberapa sesi yang diadakan dalam kegiatan ini, yaitu Penyerahan Beasiswa dari Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) kepada Prodi Studi Agama-Agama (SAA), serta Launching Film pendek yang berjudul “Merajut Damai di Kalbar”.

Dr. Ismail Ruslan, Dekan Fakultas Ushuludin Adab dan Dakwah (FUAD) sekaligus Ketua Umum FKUB Kalimantan Barat mengatakan bahwa “Film yang ditayangkan perdana ini sebagai bentuk apresiasi FKUB. Film pendek ini merupakan cara FKUB dalam mengapresiasikan kerukunan sebagai komitmen Kalbar yang seharusnya tidak hanya diwacanakan namun terbuktikan.”katanya.

Setelah sambutan dilanjutkan dengan pemakaian jas yang diserahkan oleh Ketua Umum FKUB Kalbar kepada Gubernur Kalimantan Barat atau yang mewakili.

Rektor IAIN Pontianak, Dr. Syarif mengatakan bahwa ia berusaha untuk menjadikan IAIN Pontianak sebagai Kampus Pengusung Moderasi Beragama.

“Sinergi Damai dari Kalbar untuk Indonesia itu merupakan gebrakan dari Kalbar untuk dunia. Kami berusaha menjadikan IAIN Pontianak sebagai Kampus Pengusung Moderasi Beragama. Karena dalam Islam sendiri dilarang untuk menyudutkan agama lain apalagi menghakiminya,” ungkap Rektor Syarif.

Penulis: Farli Afif
Editor: Aspari Ismail

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here