Jalur Masuk UM-PTKIN Berpeluang Mendapatkan Beasiswa Bidikmisi, Yuk Kuliah di IAIN Pontianak

0
436 views

Pontianak (iain.ptk.ac.id) — Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, melalui pintu Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM-PTKIN) tahun 2020. Memberikan kesempatan kepada penerus generasi bangsa untuk kuliah di IAIN Pontianak.

UM-PTKIN merupakan pola seleksi yang dilaksanakan secara nasional oleh seluruh UIN/IAIN/STAIN dalam satu sistem terpadu dan diselenggarakan secara serentak oleh Panitia Pelaksana yang ditetapkan oleh Menteri Agama Republik Indonesia. Keuntungan dari mengikuti jalur ini adalah bagi peserta yang lulus UM-PTKIN dari keluarga pra-sejahtera yang memiliki prestasi akademik dan non-akademik dapat mengikuti seleksi program Bidikmisi.

Bagi lulusan dari Satuan Pendidikan MA/MAK/SMA/SMK/Pesantren Muadalah atau yang setara dimulai dari tahun 2018-2020, dapat daftar secara online dimulai tanggal 15 April -29 Mei 2020. Setelah berhasil calon mahasiswa harus mengikuti ujian CBT dari tanggal 15 Juni-24 Juni 2020. Pengumuman hasil ujian akan dilaksanakan pada tanggal 03 Juli 2020. Bagi yang lulus akan melengkapi pemberkasan Penyerahan Dana Dukung UKT bisa dilihat nanti di (http://akademik.iainptk.ac.id). Calon mahasiswa akan mengetahui kelompok UKT Jalur UM-PTKIN pada tanggal 17 Juni 2020. Langkah terakhir untuk menjadi mahasiswa adalah melakukan pembayaran UKT/Daftar Ulang Jalur UM-PTKIN pada tanggal 20-24 Juli 2020.

Adapun alur pendaftaran di mulai dari calon mahasiswa mengisi biodata secara online di http??um-ptkin.ac.id sehingga mendapat nomor Slip Instruksi Pembayaran (SIP). Selanjutnya peserta melakukan pembayaran du seluruh kantor Cabang Bank BNI di seluruh Indonesia. Jika peserta akan mengikuti Ujian CBT dengan memilih jurusan IPA atau IPS, sesuai dengan program studi di PTKIN yang dituju serta lokasi ujiannya. Setelah itu mencetak kartu peserta dan terakhir, mengikuti ujian di lokasi yang telah dipilih sesuai dengan jadwal yang tertera pada kartu peserta.

Editor: Mulyadi
Penulis: Bambang Eko Priyanto

Info lainnya bisa melihat brosur UM-UMPTKIN di bawah ini:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here