Gelar Doa Bersama Diawal Perkuliahan, Dekan FEBI: 30 Kegiatan Siap Direalisasikan

0
144 views

Pontianak (iainptk.ac.id) — Perkuliahan semester genap di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak baru saja dimulai. Namun, salah satu fakultas di IAIN Pontianak, yakni Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) memulai perkuliahan semester ini dengan menggelar serangkaian acara yang bertajuk Doa Bersama. Tak hanya itu, FEBI juga menggelar kegiatan sosialisasi Program Tabungan Emas bersama Pegadaian Syariah.

Kegiatan yang berlangsung di Aula Syeikh Abdurrani Mahmud Al-Yamani ini, dihadiri oleh Rektor IAIN Pontianak, Dr. Syarif, MA yang sekaligus membuka kegiatan tersebut. Turut hadir, Wakil Rektor Bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga, Dr. Firdaus Achmad, M.Hum serta seluruh civitas akademika FEBI IAIN Pontianak.

Melalui kegiatan ini, Dr. Fachrurazi sebagai Dekan FEBI IAIN Pontianak sempat mengungkapkan rasa syukurnya karena tepat sehari setelah setahun yang lalu lahirnya FEBI di IAIN Pontianak setelah melalui pemekaran dari Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam (FSEI). Ia pun mengatakan bahwa FEBI akan merancang ulang kurikulum pada tahun ini.

“Alhamdulillah tepatnya tanggal 5 maret 2020 kita hadir sehari setelah setahun yang lalu. Memampangkan peran Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, tepatnya tanggal 4 Maret 2019. Dengan umur yang sangat muda ini, banyak yang kita alami dan kita temui. Dari aspek akademik insyaallah, tahun ini diinisiasi oleh institut mendapat arahan dari Pak Rektor melalui Wakil Rektor 1 untuk melakukan rasionalisasi kurikulum. Dimana kita akan bersama-sama merancang ulang kurikulum IAIN khususnya FEBI”, ucapnya.

Selain daripada itu, FEBI akan memiliki 30 kegiatan yang sudah siap untuk direalisasikan. Pria yang akrab disapa “Pak Feri” ini pun membeberkan besaran anggaran yang disiapkan untuk kegiatan fakultas yang ia nahkodai.

“Tahun 2020 merupakan tahun yang luar biasa, insyaallah dimana kita memiliki 30 kegiatan untuk kita realisasikan. Yang mana merupakan amanah dari Institusi ini untuk kita sukseskan bersama, yang tertuang dalam POK Budgeter, plus minusnya hampir 2,2 Milyar Rupiah. Maka dari itu, Fakultas ini akan belajar terus melakukan Open Financial Management. Kepada publik, dimana pada titik-titik tertentu kami akan mengumumkan di media-media digital yang ada pada Fakultas ini dan juga media-media Offline”, ungkap Dekan FEBI menjelaskan.

Pada tahun ini, FEBI akan memperluas jaringan kerjasama dengan berbagai stakeholder yang berada di bawah Inisiasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Salah satu yang Dekan FEBI sebutkan ialah PT. Pegadaian Persero.

“Di tahun 2019, kita banyak melakukan kerjasama dengan stakeholder. Di tahun 2020 kita mulai kerjasama ini, atas izin dari Pak Rektor untuk bekerjasama dengan PT. Pegadaian Persero yang insyaallah ke depan akan memberikan bantuan berupa beasiswa dukungan pada kegiatan-kegiatan kemahasiswaan. Untuk bersama-sama dengan stakeholder lainnya dan juga di bawah inisiasi Otoritas Jasa Keuangan yang sangat mendukung fakultas ini, dimana satu-satunya fakultas di bumi Kalimantan Barat ini yang mengkaji aspek-aspek ekonomi dan bisnis dalam pandangan syariah Islam”, pungkasnya.

Sementara itu, Rektor IAIN Pontianak, Dr. Syarif dalam arahannya, menyambut positif rencana yang telah dipaparkan oleh Dekan FEBI. Rektor juga menyarankan agar diadakan Forum diskusi khusus dosen.

“Supaya segala aktivitas lancar, diadakan pantauan para dosen dan aktivitas mahasiswa supaya maksimal dan tidak bias untuk mewujudkan Visi Misi. Kalau perlu adakan forum diskusi dosen. Setidaknya, kampus kita terbebas dari paham atau pemikiran, karya, gerakan tentang Radikalisme dan Liberalisme”, ucap Rektor.

Tak hanya itu saja, Pak Rektor juga akan meluncurkan Program 1 Jam Mengaji sebagai salah satu penguatan Visi Misi IAIN Pontianak. Beliau mengungkapkan, “insyaallah beredar Instruksi Rektor tentang Pelaksanaan 1 Jam Mengaji. Lakukan local wisdom di fakultas tentang pelaksanaan itu. Bunyi dalam SK itu yakni dalam rangka penguatan Visi Misi IAIN Pontianak. Terutama untuk mewujudkan Visi dan Misi yang mutual, bahwa kampus kita ini, menerima amanah masyarakat dan negara”.

Sebelum membuka kegiatan tersebut, Rektor mengajak seluruh keluarga besar FEBI untuk menyukseskan misi IAIN Pontianak. “Kita bangun misi membentuk akademisi yang berakhlak mulia, mandiri, dan bermanfaat bagi bangsa dan kemanusiaan. Semoga Allah Swt. meridhoi kegiatan ini dan semua kegiatan yang ada di IAIN Pontianak”, pungkasnya.
Kegiatan ini pun dibuka dengan sesi pemotongan tumpeng oleh Rektor dan Dekan FEBI yang didampingi oleh Wakil Rektor Bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga IAIN Pontianak (*)

Editor: Mulyadi
Penulis: Farli & Bambang Eko Prayitno

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here