Tanggap Corona, Kabiro IAIN Pontianak Hadiri Rapat Koordinasi Penanggulangan Kedaruratan Kesehatan Masyarakat (COVID-19)

0
204 views

Pontianak (www.iainptk.ac.id) — Kepala Biro (Kabiro) Administrasi Umum Akademik dan Kemahasiswaan (AUAK) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak mengikuti Rapat Koordinasi Penanggulangan Kedaruratan Kesehatan Masyarakat (COVID-19) dengan Lintas Sektor Kota Pontianak Tahun 2020. Kegiatan ini berlangsung di Aula Sultan Syarif Abdurrahman, Kantor Wali Kota Pontianak (Kamis 5/3/2020).

Rapat Koordinasi yang diikuti ratusan peserta dari Lintas Sektor Kota Pontianak ini, merupakan respon terhadap maraknya penyebaran Virus Corona (COVID-19).

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Barat, dr. Harisson, M.Kes dalam sambutannya mengatakan, “dari berbagai sumber yang didapat bahwa di daerah asal virus Corona ini muncul, sudah mulai menurun dan justru penyebarannya lebih cepat di negara yang tertular. Namun demikian, kita tetap harus waspada, terus berkoordinasi dan sosialisasi terkait penyebaran dan pencegahannya. Misalnya, membiasakan hidup sehat dengan cuci tangan pakai sabun, jangan menyentuh wajah sebelum cuci tangan, dan lain sebagainya,” terang beliau ramah.

Sementara itu, Ir. H. Edi Rusdi Kamtono, MM, MT., Wali Kota Pontianak dalam sambutannya mengatakan bahwa, “Virus Corona ini sudah menyebar lebih dari 50 negara. WHO menyebutnya dengan penyakit yang meresahkan. Apalagi kemarin, Menteri Kesehatan menyampaikan 2 orang warga Indonesia positif terkena Corona ini. Semakin membuat masyarakat kita panik dan ketakutan berlebihan. Misalnya, menimbun masker maupun sabun cuci tangan. Sementara ini, dari berbagai data disebutkan virus ini di Wuhan sendiri sudah mulai menurun”.

Menurut Wali Kota, menurunnya virus ini di daerah asal menjadi kabar gembira dan sekaligus melegakan bagi kita. Bukan membuat kita semakin panik. Namun, penyebarannya yang begitu cepat ini perlu di antisipasi atau upaya preventif, yakni dengan terus berkoordinasi, sosialisasi memberikan edukasi ke masyarakat. Wali Kota mengajak masyarakat untuk menerapkan pola hidup bersih melalui Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas). “Oleh karena itu, kita berharap kerjasamanya dari semua tokoh agama, tokoh masyarakat bisa menyampaikan pola hidup sehat”, harap Beliau ramah.

Dalam kesempatan tersebut, Drs. H. Syahrul Yadi, M.Si, Kabiro AUAK IAIN Pontianak langsung menyambut baik permintaan Wali Kota Pontianak. Kabiro AUAK IAIN Pontianak juga siap membantu Pemerintah Kota untuk mensosialisasikan pencegahaan.

Di hadapan para peserta yang hadir, Beliau mengingatkan agar kita terus semangat laksanakan ajaran agama mulai dari jaga kebersihan, jaga wudhu, berbanyak sholawat, istighfar, dan sedekah. “Jika perlu provinsi kita melakukan Istighosah,” saran Kabiro dihadapan Wali Kota Pontianak. dan Wali Kota pun merespon saran itu untuk ditindaklanjuti oleh tokoh agama dan pengurus masjid.(*)

Editor: Mulyadi
Penulis: Heriansyah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here