Jurusan PAI Latih Calon Pendidik Susun Bahan Ajar

0
134 views

LKS

Dalam rangka meningkatkan kemampuan calon tenaga pendidik dalam dunia kependidikan, Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI) Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Pontianak menggelar Workshop Penyusunan Bahan Ajar/LKS.

Kegiatan yang dilaksanakan selama dua hari, dimulai pada tanggal 12 Juni 2015 diperuntukkan bagi para mahasiswa yang nantinya akan menjadi calon pendidik. Hadir sebagai pembicara dalam kegiatan tersebut, pakar pendidikan Kalimantan Barat, Dr. Witarsa, M.Si dari Universitas Tanjungpura dan Dr. Rianawati, M.Ag dari IAIN Pontianak.

Menurut Dr. Witarsa, M.Si, Lembar Kerja Siswa atau yang lebih dikenal dengan LKS merupakan salah satu bahan ajar yang efektif bagi peserta didik maupun tenaga pengajar itu sendiri.

“Sebagai media pembelajaran, LKS dapat digunakan untuk membantu peserta didik memahami materi pelajaran dengan baik, selain itu LKS juga disusun untuk menguji kemampuan dan pemahaman siswa dengan menjawab pertanyaan yang telah tersedia”, tuturnya.

Oleh karena itu, lanjut Witarsa, peran seorang tenaga pendidik sebagai tim penyusun bahan ajar yang berupa LKS ini sangatlah signifikan. Seorang guru dituntut untuk bisa berinovasi dan berimprovisasi dalam mengembangkan lembar kerja siswa sebagai media belajar.

Ungkapan serupa juga disampaikan Dr. Rianawati, M.Ag, mengatakan bahwa melalui media pembelajaran LKS, guru dan siswa bisa berinteraksi melalui proses diskusi sehingga sebagai tenaga pendidik, guru memperoleh kesempatan untuk memancing partisipasi aktif dari siswa.

Riana menyebut, ada beberapa siswa yang terkesan pasif di kelas padahal mereka mampu untuk berpartisipasi di dalam kelas, karenanya pertanyaan-pertanyaan yang ada di dalam bahan ajar atau LKS ini bisa memancing mereka untuk berbicara.

“Paling tidak saat mereka saling melontarkan argumentasi diantara teman-temannya saat mendiskusikan persoalan yang tercantum di dalam LKS”, tambahnya.

Pelaksanaan kegiatan yang digelar di ruang teater IAIN Pontianak ini diakhiri dengan praktik pembuatan bahan ajar/ LKS yang didampingi oleh pembicara dan panitia.

Melalui  workshop ini diharapkan  para peserta yang terdiri dari mahasiswa FTIK IAIN Pontianak telah mempunyai sebuah bahan ajar, berupa lembar kerja siswa yang disusun berdasarkan kreativitas dan inovasi para calon tenaga pendidik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here