IAIN Pontianak

Kematian Nicholas Memaksa Program Kerja Pengabdian Masyarakat Dijeda

Padawan, Kuching – Malaysia (iainptk.ac.id) — Berita kematian salah seorang penduduk kampung Rudan memaksa kami untuk menjeda program kerja yang telah direncanakan. Kegiatan memperingati kematian oleh keluarga mendiang Nicholas dilanjutkan pada tanggal 4 Desember di Lorong 2, Kampung Rudan, Padawan.

Hal tersebut sedikit menyulitkan peserta Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat dari kelompok 5 untuk menjalankan program kerja seperti bersosialisasi kepada masyarakat sekitar.

Empat peserta dibawah penyeliaan Ustad Jamali, selaku penyelia zon di Kampung Rudan diundang untuk menghadiri majlis tersebut. Dua malam berturut rutinitas kelompok diganti dengan memenuhi undangan keluarga mendiang yang sebenarnya saling berbeda kepercayaan.

“Betulkan niat untuk membahagiakan makhluk Allah menolong sesama manusia” ujar Anisa salah seorang peserta di kelompok 5, Kampung Rudan, Padawan.

Ketika ditanya pendapatnya mengenai sikapnya yang membantu keluarga mendiang masak-masak mendapatkan jawaban positif sebagai sesama makhluk sosial walau berbeda agama. Hasilnya,peserta dapat juga berpeluang berkenalan dengan beberapa penduduk muslim dan non-muslim dengan lebih santai tanpa perlu berjalan berkeliling di Kampung Rudan.

”Semua makanan ni orang penduduk kampung yang tolong masak.Makcik Roslina masak pakai alat masak dari surau.” tutur Makcik Nazira untuk meyakinkan peserta bahwa makanan yang disediakan halal dan boleh dimakan.

Sebagai kakak kandung kepada mendiang, Makcik Nazira sangat ramah melayani peserta untuk makan bersama.Makcik Nazira merupakan isteri kepada Ustad Jamali yaitu penyelia zon yang memantau peserta kelompok 5 sepanjang pengabdian.Ia juga mualaf sejak 25 tahun yang masih akrab dengan keluarganya walaupun berbeda agama.

Sebelumnya, peserta sedikit kaku untuk beramah mesra dengan penduduk ketika pertama kali menghadiri majlis kematian penduduk non-muslim.Namun ,pada malam kedua yaitu di malam Kamis tanggal 4 Desember peserta turut membantu keluarga Nicholas untuk menyiapkan makanan untuk tetamu.Kegiatan berkunjung ke rumah keluarga dimasukkan ke dalam evaluasi kelompok sebagai salah satu aktivitas untuk menutup program kerja yang terpaksa dijeda seketika.

Editor: Mulyadi
Penulis: Faninnurbani (Peserta PPM Mandiri Malaysia, IAIN Pontianak)

Share on facebook
Share on whatsapp
Share on linkedin
Share on print

Recent Post :

PENGUMUMAN KELULUSAN DAN PEMBERKASAN UKT JALUR UM-PTKIN TAHUN 2022 IAIN PONTIANAK
IAIN Pontianak Lakukan MoU dengan Amazon Web Service Menuju Paperless Office
IAIN Pontianak Miliki Duta Ma’had Al-Jami’ah Tahun 2022
Vaksinasi Covid-19 di IAIN Pontianak, Berikan Manfaat Bagi Banyak Orang
Mahasiswa Berprestasi Siap Ikut Ajang Pesona PTKIN 2022

Information :