Tersebar di 9 Kampung, PPM Mandiri Malaysia IAIN Pontianak Siap Mengabdi ke Masyarakat

0
221 views

Kuching, Malaysia (iainptk.ac.id) — Pendamping dan Peserta Pogram Pengabdian Masyarakat (PPM) Mandiri Malaysia Tahun 2019 disambut hangat oleh pihak Hikmah, Sarawak, Malaysia, Senin (2/12).  Kedatangan mereka telah ditunggu pula oleh Bapak Angkat di masing-masing kampung tempat mereka akan mengabdi. Pada tahap kedua ini ada 9 (sembilan) kampung atau desa yang akan menjadi lokasi pengabdian, di antaranya: Kampung Kendaie, Kampung Temaga Dayak, Kampung Puih, Kampung Pedaun Bawah, Kampung Rudan, Darul Falah Temong, Insan Jaya Bengan, Kampung Nyelitak, dan Kampung Gawang Bansu. Peserta PPM Madiri Malaysia Tahun 2019 tahap II ini berjumlah 35 orang. Dengan rincian 24 orang dari UIN Antasari Banjarmasin, 10 orang dari IAIN Pontianak, dan 1 orang dari IAIN Palopo.

Penolong Pegawai Kemasyarakatan Hikmah, Ustad Haji Fadli mengungkapkan seluruh peserta akan diberangkatkan hari ini juga ke lokasi yang telah ditentukan sesuai kelompoknya masing-masing. Ia pun berharap agar setiap peserta menjaga sikap dan tingkah laku selama berada di kampung orang serta mengenal kebiasaan dan adat istiadat di kampung tersebut “Bila ada orang Bidayu atau Iban meninggal, tolong hentikan seluruh kegiatan selama tujuh hari. Terutama jaga diri bagi yang perempuan.” Ungkapnya.

Ustad Baharuddin berharap seluruh peserta semangat dan melaksanakan program yang telah direncanakan oleh masing-masing kelompok. “Saya berharap seluruh peserta jangan malas. Bekerjalah sesuai dengan tugas dan fungsi yang direncanakan serta jangan menolak penempatan lokasi yang telah ditentukan.” Ucapnya.

Ia pun berharap kegiatan ini bisa dilaksanakan lebih dari dua kali dalam setahun. Hal tersebut sebagai upaya follow up dari kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa selama kurang lebih sebulan di beberapa kampung yang ada di Sarawak, Malaysia.

Sementara itu, Kepala Pusat Pengabdian Masyarakat LP2M IAIN Pontianak, Dr. Fachrul Razi, M.Pd mengucapkan terima kasih kepada Hikmah yang selalu konsisten menerima mahasiswa untuk melaksanakan program pengabdian di daerahnya. Ia berharap kegiatan ini akan terus berlanjut dan membawa kebermanfaatan yang besar bagi masing-masing pihak.

Editor: Mulyadi
Penulis: Bambang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here