LP2M IAIN Pontianak Kembali Gelar PPM Mandiri Malaysia Tahap II

0
397 views

Pontianak (iainptk.ac.id) — Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) IAIN Pontianak kembali menyelenggarakan Pembekalan Pengabdian Pada Masyarakat (PPM) Mandiri Malaysia Periode 2019 Tahap Kedua, Sabtu (30/11) di Ruang VIP Auditorium Abdul Rani Machmud IAIN Pontianak. Kegiatan ini dihadiri oleh Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama, Dr. Abdul Mukti Rouf, MA yang sekaligus menyampaikan materi pada pembekalan tersebut. Hadir pula Ketua LP2M IAIN Pontianak, Sukardi, SH., M.Hum dan Ketua LP2M IAIN Palopo, Dr. Kaharuddin, M.Pd.

Selain Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama, pembekalan inipun juga diisi oleh beberapa narasumber lainnya seperti, Kepala Pusat Penelitian dan Penerbitan LP2M IAIN Pontianak, Dr. Imron Muttaqin, M.Pd.I yang menjelaskan tentang Rutinitas, Aktivitas, dan Program Kerja Mahasiswa PPM Mandiri Malaysia, Fahmi Ichwan, S.Hut  menjelaskan tentang Teknis Laporan Berupa Buku, serta salah satu Alumni PPM Mandiri Malaysia, Ahmad Ghazali yang menjelaskan tentang Pengalaman dan Teknis Pelaksanaan Program.

Dalam sambutannya, Ketua LP2M IAIN Pontianak menjelaskan bahwa kegiatan ini rutin dilaksanakan dua kali dalam setahun. “Ini merupakan kegiatan PPM Mandiri Malaysia tahap 2. Sebelumnya kita telah melaksanakan tahap 1 di bulan Mei lalu. Kali ini jumlah peserta total 35 peserta yang terdiri dari 24 peserta dari UIN Antasari Banjarmasin, 10 peserta dari IAIN Pontianak, dan 1 peserta dari IAIN Palopo.” Jelasnya.

Ia pun berharap peserta dapat mengambil beberapa bekal penting dari keikutsertaannya dalam PPM Mandiri Malaysia tahap kedua ini. “Kami berpesan kepada setiap peserta untuk menjaga nama baik diri sendiri, almamater, dan juga nama baik Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri RI. Karena secara tidak langsung setiap peserta menjadi duta bagi Indonesia. Jaga sikap dan tingkah laku selama mengabdikan diri di sana.” Harapnya.

Kegiatan ini pun mendapat perhatian dari beberapa peserta. Seperti yang dikatakan oleh salah satu Mahasiswa UIN Antasari Banjarmasin, Mahda. Menurutnya, program ini sangat ia tunggu-tunggu, sebab program ini dapat menambah pengalaman lebih menantang dan sangat bermanfaat. Mahda pun bersyukur dapat lulus tes sehingga akhirnya bisa menjadi bagian dari program PPM Mandiri Malaysia yang diselenggarakan oleh IAIN Pontianak bekerjasama dengan Hikmah, Sarawak, Malaysia.

Editor: Mulyadi
Penulis: Nia Amara Rif’ad

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here