PESERTA KKL-DR WILAYAH SINGKAWANG GELAR KERJA BAKTI “AMAL SALEH” DI PONPES AL-FATAH

0
135 views

Jumat (30/07) seluruh Peserta KKL-DR IAIN Pontianak wilayah Kota Singkawang melakukan kerja bakti di Pondok Pesantren Al-Fatah Singkawang. Kerja bakti ini dilakukan dalam rangka menjalin silaturahmi antara warga pondok pesantren dengan semua Peserta KKL- DR IAIN Pontianak wilayah Kota Singkawang.

Kerja bakti rutin dilakukan setiap hari Jumat pagi oleh warga sekitar. Keunikan datang dari nama aktivitas yang biasa disebut dengan kegiatan ‘amal saleh’. Menurut salah satu warga yang tinggal di kawasan tersebut, disebut ‘amal saleh’ karena menjadi ladang amal dengan membersihkan lingkungan sekitar Pondok Pesantren Al-Fatah Singkawang.

Aktivitas yang dilakukan pada kegiatan ini adalah memungut sampah di sekitar komplek dan membersihkan parit. Selain membuat area menjadi bersih dan nyaman, kerja bakti juga menjadi kegiatan mengakrabkan diri antar warga. Biasanya, kegiatan ini dilakukan oleh para ibu-ibu dan bapak-bapak sekitar. Namun khusus hari ini, kegiatan ‘amal saleh’ dilakukan peserta KKL DR bersama anak-anak komplek tersebut dan didampingi oleh pendamping di setiap kelompoknya.

Sistem kerja bakti ini menggunakan sistem thoifah atau kelompok yang setiap thoifah-nya dibagi menjadi 5 thoifah. Mengingat bahwa komplek Ponpes Al-Fatah sangat luas, dengan menggunakan sistem tersebut, pekerjaan menjadi lebih ringan dan terstruktur. Selain itu, sampah-sampah yang sudah dikumpulkan tidak untuk dibakar melain untuk didaur ulang oleh Bank Sampah ang juga merupakan kegiatan ibu-ibu sekitar Ponpes Al-Fatah. Kegiatan kerja bakti bersama anak-anak Ponpes Al-Fatah menjadi pengalaman yang sangat berharga karena membuat kegiatan ini menjadi lebih menyenangkan dan penuh keceriaan.

Korwil KKL-DR Wilayah Singkawang, Khoirun Nisa’i Mufidah menyebut kerja bakti di Pondok Pesantren Al-Fatah Singkawang merupakan salah satu program kerja unggulan dari kegiatan Kuliah Kerja Lapangan Dari Rumah IAIN Pontianak yang diharapkan dapat mempererat tali silaturahmi dan menjadikan komplek Ponpes Al-Fatah sebagai kawasan yang bersih, nyaman, aman, dan tertata.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here