Pimpinan IAIN Pontianak Sampaikan Arahan pada Mahasiswa Baru

0
553 views

PONTIANAK (www.iainptk.ac.id) — Usai acara pembukaan Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK), Rektor IAIN Pontianak Dr. Syarif, M.A beserta para Wakil Rektor dan Kepala Biro AUAK menyampaikan  Materi Arah kebijakan dan Kurikulum Perguruan Tinggi,   di gedung Sport Center IAIN Pontianak, Senin (26/8) siang.

Tampak hadir, Wakil Rektor Bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga Dr. Firdaus Achmad, M.Hum, Wakil Rektor Bidang Administrasi Umum, Perencanaan dan Keuangan Dr. Saifuddin Herlambang, M.A, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Alumni dan Kerjasama Dr. Abdul Mukti, M.A, serta Kepala Biro Administrasi Umum, Akademik dan Kemahasiswaan IAIN Pontianak, juga memberikan kepada 1758 mahasiswa baru.

Pada kesempatan ini, moderator atau pemandu kegiatan ini adalah bapak Noviansyah, S.Pd.I selaku Kasubbag Perencanaan. Kasubbag perencanaan yang murah senyum itu,  memulai dengan memperkenalkan masing-masing pimpinan IAIN Pontianak ini sesuai dengan Tugas dan Fungsi mereka masing-masing yang disambut dengan tepuk tangan yang gemuruh oleh peserta PBAK tahun 2019 ini.

Dr. Syarif, M.A selaku Rektor IAIN Pontianak, memulai materinya yang dalam itu dengan mengenalkan Visi IAIN Pontianak, yakni “Ulung dan terbuka dalam kajian dan riset keilmuan, keislaman, serta kebudayaan Borneo”. Rektor IAIN Pontianak mengatakan bahwa visi IAIN Pontianak merupakan pandangan dasar yang melandasi semua gerak atau program IAIN pontianak, papar beliau dengan semangat.

Tampak, beberapa kali Rektor IAIN Pontianak berdialog dengan mahasiswa baru IAIN Pontianak bahkan tidak sungkan-sungkan beliau meminta suara mahasiswa sesuai fakultas mereka masing-masing. Rektor juga menyapa,  siapa kalian? mahasiswa… jawab peserta PBAK. Pemaparan Rektor IAIN Pontianak bersemangat.

Rektor IAIN Pontianak, menutup materinya dengan mendoakan mahasiswa baru menjadi anak yang soleh dan solehah pintar dan berakhlak mulia, ditetapkan iman, dipanjangkan umur disisi Allah, dimurahkan rizki, dijauhkan dari segala bala, dan mendapatkan kebahagian dunia dan akhirat, disambut dengan aamiin yang bersemangat oleh peserta PBAK.

Selanjutnya sisi panel disampaikan oleh para Wakil Rektor dan Kepala Biro AUAK. Wakil Rektor Bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga, Dr. Firdaus Achmad, M.Hum. terbatasnya waktu pada materi ini, beliau memaparkan bahwa “Terkait perkuliahan, dosen maka adek-adek mahasiswa bisa ke saya tutur beliau. Beliau, mengakhiri sambutan dengan 3 pesan, pertama, jaga kesehatan, kedua belajar yang rajin, ketiga jangan pernah lupakan orang tua”, tutup beliau dengan senyuman.

Wakil Rektor Bidang administrasi Umum, Perencanaan dan Keuangan, Dr. Saifuddin Herlambang, M.A. beliau mengawali sambutannya dengan mengajak semua peserta untuk bersholawat. Beliau juga mengatakan bahwa “Jika ingin sehat perbanyak shalawat. Beliau mengatakan bahwa negara sudah membantu meringankan biaya kuliah adek-adek. Penetapan biaya kuliah berdasarkan penghasilan orang tua, jadi besaran biaya kuliah mahasiswa tergantung dari data penghasilan orang tua adek-adek”, imbuhnya bersemangat.

Dr. Saifuddin Herlambang, M.A juga menuturkan bahwa adek-adek yang orangtuanya kurang mampu jangan bersedih, karena kami juga menyediakan beasiswa bidik misi, syaratnya miskin berprestasi, tuturnya disambut tepuk tangan yang gemuruh.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Alumni dan Kerjasama, Dr. Abdul Mukti, M.A. mengatakan bahwa “Kami mengurusi mahasiswa dan mahasiswi, bahkan tidak hanya kalian menjadi mahasiswa kami urus, kalian sudah alumni juga kami urus”, tutur beliau dengan senyuman disambut tepuk tangan oleh peserta.

Kepala Biro AUAK IAIN Pontianak, Drs. H. Syahrul Yadi, M.Si, mengawali sambutannya beliau bertanya, “Siapa kita? Mahasiswa baru kompak menjawab, Mahasiswa IAIN Pontianak. Selanjutnya beliau mengatakan bahwa kenapa kita harus berpendidikan dan negara juga lebih mengakomodir yang sarjana dalam dunia kerja? Karena, pemerintah ingin meningkatkan penerimaan, kualitas pelayanan terhadap masyarakat, pengelola negara ini tepat, dibuktikan dengan legalitas ijazah starata satu (S1)” tutup beliau berwibawa disambut applause yang semangat oleh hadirin.

Penulis: Heriansyah S.Pd.I
Editor: Aspari Ismail

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here