PONTIANAK (iainptk.ac.id) – Program Studi Psikologi Islam di Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah (FUAD) IAIN Pontianak, mengadakan kegiatan bedah buku. Buku yang dibedah merupakan novel sains fiksi yang diangkat dari pengalaman penulis. Buku yang menceritakan tentang penyimpangan seksual, dilihat dari segi psikologi. Dengan membaca buku ini Mahasiswa Psikologi secara tidak langsung akan mengetahui beberapa gejala atau penyebab terjadinya penyimpangan seksual pada anak. Penulis sedikit memberikan spoiler kepada mahasiswa bahwa yang menyebabkan penyimpangan seksual dalam buku ini karena pola asuh. Buku tersebut berjudul Persona yang dikarang oleh Sriwiyanti, S.Psi. Kegiatan ini berlangsung pada hari Jumat tanggal (17/5) di gedung Rektorat Lt 4.

Dekan Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah (FUAD), Dr. Ismail Ruslan, M.Si menyampaikan “Acara ini merupakan kegiatan pengembangan diri mahasiswa, untuk menambah wawasan dan keilmuan mahasiswa Psikologi Islam. Perguruan tinggi itu mencetak mahasiswa dan alumni, tidak seperti mendirikan menara gading yang tidak peduli dengan lingkungan dan masyakakat sekitarnya. Perguruan tinggi justru melahirkan, mahasiswa yang memiliki kapasitas keilmuan yang mumpuni dan memiliki kepedulian dengan persoalan-persoalan masyarakat. Salah satunya persoalan penyimpangan seksual yang akan di bahas pada hari ini.”

Ketua Program Studi Psikologi Islam, Dr. Hj. Fitri Sukmawati, S.Psi, M.Psi, Psikolog mengatakan “Hari ini semoga kita tambah ilmu dengan membedah buku yang berjudul Persona. Salah satunya tentang LGBT atau penyimpangan seksual. Kalau dalam matakuliah psikologi klinis, mahasiswa akan menemukan kasus seperti ini. Bagi mahasiswa yang akan mengambil S2, ambil terapan Psikologi Klinis untuk menjadi psikolog klinis. LGBT merupakan salah satu penyimpangan psikologi kita. Kita akan kupas dengan 3 narasumber, yang semuanya merupakan alumni Psikologi dari Jogja.”

Pada kesempatan kali ini yang membedah Novel Persona adalah seorang guru yang bernama Mirdasari Maulida, S.Psi. Bu Mirda menjelaskan buku ini sangat menarik dan unik, mencerikatan tokoh yang memiliki kelainan seksual. Menceritakan dari kecil sang anak hingga usianya dewasa. Perubahan sikapnya karena polah asuh yang salah. Penyebabnya karena orang tua yang bercerai, orang tua yang bertengkar di depan anak, peran ayah dan ibu yang tidak ada. Dengan penyebab tersebut rusaklah psikologi anak yang membenci orang tuanya. Buku ini bisa dibaca semua kalangan dengan membaca buku ini kita tahu bagaimana menjadikan anak yang baik.

Maulida juga menyampaikan, seorang anak yang diasuh dengan baik bisa menjadi anak yang mandiri, percaya diri dan lain-lain. Sebaliknya anak yang diasuh dengan buruk akan merusak psikologinya. Pondasi yang paling penting adalah keluarga. Anak yang memiliki ayah dan ibu yang harmonis, orang tua bisa menjadi tempat cerita untuk anak.

Penulis: Bambang Eko Priyanto
Editor: Aspari Ismail

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here