Psikotes Online, SKB CPNS Kementerian Agama Sukses

0
196 views

PONTIANAK (iainptk.ac.id) — Para pejuang tes Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) CPNS Kementerian Agama berada di tahap akhir. Setelah melewati tes praktik kerja, tes wawancara dan psikotes. Dimana pandemi Covid 19 ini, semua tahapan SKB itu dilakukan secara online atau daring.

Tahapan terakhir dari SKB CPNS Kemenag adalah psikotes yang berlangsung di seluruh Indonesia. Untuk Kota Pontianak, titik lokasi tes berada di MTs Negeri 2 Pontianak. Kegiatan ini berlangsung pada Sabtu (03/10) siang.

Kepala Subbag Organisasi Kepegawaian dan Penyusunan Peraturan (OKPP) IAIN Pontianak, Aspari Ismail. saat ditemui di lokasi tes, menyatakan “Saat ini CPNS Kementerian Agama, sedang melakukan psikotes secara online. Sebelumnya tes praktik kerja telah sukses digelar pada (14-17/09) lalu dan tes wawancara pada tanggal (19-20/09). Semula psikotes jadwalkan pada tanggal (18/09) lalu. Namun, karena ada kendala teknis sehingga dijadwalkan ulang hari ini.

Mantan Kasubbag Tata Usaha, Humas dan Rumah Tangga IAIN Pontianak ini melanjutkan “Jadwal psikotes CPNS Kemenag dilaksanakan sebanyak 2 (dua) sesi. Kalimantan Barat masuk sesi II pada pukul 13.00. Guna mengantisipasi berbagai kendala, peserta diminta untuk melakukan uji coba pelaksanaan psikotes secara daring pada Kamis, (01/10) pukul 13.00 WIB, dari lokasi masing-masing peserta berada/tinggal.” terangnya.

“Guna menambah Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas di IAIN Pontianak, tahun ini kita akan menerima 25 tenaga pendidik (Dosen) dan 3 tenaga kependidikan.  Terdapat 58 peserta yang  mengikuti tes SKB CPNS Kemenag Formasi 2019 pada IAIN Pontianak” tambahnya.

Kepala Kemenag Kota Pontianak, Drs. H. Syarifendi., yang diwawancarai disela-sela kesibukannya mendampingi Kakanwil Kemenag Kalbar, Drs.Ridwansyah, M.Si mengawasi pelaksanaan psikotes di titik lokasi MTs N 2 Pontianak, menuturkan “Kegiatan tes kali ini berjalan dengan lancar, sebagai pengganti tes sebelumnya. Peserta yang hadir sebanyak 142 orang. Mereka semua memiliki peluang yang sama, soalnyapun sama dan nilaipun secara transparan. Formasi Kanwil sendiri berjumlah 97 orang, dengan kategori terbanyak guru dan penyuluh.

“Mudah-mudahan yang lulus adalah CPNS yang terbaik dan dapat memperkuat Kemenag. Tidak menutup kemungkinan kedepan, Menpan juga akan membuka peluang bagi kawan-kawan yang honor. Tinggal Menyusun regulasinya untuk melanjutkan undang-undang 48 Tahun 2005, tentang penerimaan pegawai yang honor. Semoga itu juga terealisasi sehingga kawan-kawan yang honor itu terakomodir.”

Salah satu peserta yang mengikuti kegiatan ini, Halimatuttaubah, S.Kom.I., yang juga merupakan alumni dari IAIN Pontianak mengatakan, “Alhamdulillah, tes hari ini berjalan dengan lancar. Walaupun, diawal ada sedikit kendala jaringan sehingga tidak bisa masuk ke halaman login. Syukurnya panitia sangat tanggap, sehingga permasalahan tersebut dapat diatasi,” tuturnya.

Iya juga menjelaskan, “Soal dalam psikotes berjumlah 150 pertanyaan, dengan waktu pengerjaan 2 jam. Jika dibandingkan dengan soal psikotes sebelumnya, kali ini soalnya lebih rumit dan lebih banyak. Saya berharap, semoga memperoleh hasil yang memuaskan dan lolos menjadi PNS di Kementerian Agama,” pungkasnya.

Penulis: Bambang Eko Priyanto
Editor: Omar Mukhtar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here