Pesan Plt. Rektor di Kegiatan Orientasi Mahasiswa Baru Pascasarjana IAIN Pontianak TA. 2020/2021

0
213 views

PONTIANAK (iainptk.ac.id) — Pascasarjana IAIN Pontianak menggelar kegiatan Orientasi Mahasiswa Baru, semester ganjil tahun akademik 2020/2021. Kegiatan ini berlangsung di Aula Syekh Abdur Rani Mahmud, pada hari Jumat (02/10) pagi hingga siang. Plt. Rektor IAIN Pontianak sekaligus Direktur Pascasarjana membuka kegiatan ini secara luring, dengan tetap menjalankan protokol kesehatan Covid-19.

Dalam katasambutannya Dr. Misdah, M.Pd., menyampaikan “Seluruh mahasiswa baru Pascasarjana IAIN Pontianak, dalam momen ini saya selaku Direktur Pascasarjana dan Plt. Rektor IAIN Pontianak, mengucapkan selamat datang di Kampus Moderasi Beragama IAIN Pontianak. Terimakasih atas kepercayaan dan keyakinannya untuk melanjutkan studi S2 di Pascasarjana IAIN Pontianak.”

Plt. Rektor juga menginformasikan bahwa “IAIN Pontianak sekarang sedang melaksanakan kegiatan proses penjaringan bakal calon Rektor masa bakti 2020-2024. Semoga proses ini berjalan dengan lancar dan mampu menghadirkan pemimpin yang amanah dan terbaik untuk IAIN Pontianak.

Beliau melanjutkan “Saya punnya keinginan, orientasi mahasiswa baru bagi Pascasarjana ke depan dapat bergabung dengan kegiatan Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) Institut agar mahasiswa Pascasarjana bisa mendapatkan informasi yang lebih konprehensip  dari berbagai narasumber. Selanjutnya informasi tersebut bisa mahasiswa sampaikan kepada masyarakat secara umum.

“Kalau 62 orang ini menyampaikan informasi terkait profil Pascasarjana IAIN Pontianak dan profil Institusi secara umum maka akan lebih banyak lagi mahasiswa baik S1 maulun S2 untuk tahun-tahun berikutnya. IAIN Pontianak menartargetkan jumlah mahasiswa aktif sampai dengan 10.000 mahasiswa, dengan begitu pintu masuk perubahan IAIN menjadi UIN akan lebih terbuka. Pascasarjana IAIN Pontianak tidak bisa besar sendiri, salah satu komponen penentu adalah mahasiswa.” tambahnya.

Terakhir beliau berpesan kepada mahasiswa Pascasarjana “Tingkatkan lagi potensi yang sudah ada, kreatifitas dan inovasi yang ada. Nanti akan terwujud insan akademis, pencipta, pengabdi yang bernafaskan Islam dan bertanggung jawab atas terwujudnya masyarakat adil makmur yang di Ridhoi Allah Subhanahuwataala”.

Selaku Ketua Panitia, Dr. Rahmap, S.Ag, M.Ag., melaporkan “Prihal protokol kesehatan Covid-19, saya sudah mendapat izin dari Ketua Gugus Covid IAIN Pontianak. Sehingga kegiatan ini bisa dilaksanakan acara ini secara luring. Kedua, mahasiswa baru yang berhasil dinyatakan lulus pada tahun akademik 2020/2021 berjumlah 62 orang. Jumlah mahasiswa Prodi Pendidikan Agama Islam Pascasarjana sebanyak 42 orang. Mahasiswa Prodi Ekonomi Syariah Pascasarjana berjumlah 20 orang. Berkaca tahun sebelumnya, tahun ini jumlah mahasiswa cukup meningkat.”

Beliau juga menginformasikan “Insyaallah, mulai minggu ini mahasiswa sudah kuliah perdana secara daring di Kampus IAIN Pontianak. Oleh karena itu orientasi ini sangat penting, karena mahasiswa akan mengenal sistem akademiknya, kurikulumnya, dosennya, SKS-nya, sarana, prasarana dan seterusnya berkaitan Pascasarjana”.

Oleh : Bambang Eko Priyanto
Editor: Omar Mukhtar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here