Pusat Perpustakaan IAIN Pontianak Siap dibuka Awal Oktober 2020

0
729 views

PONTIANAK (iainptk.ac.id) — Pusat Perpustakaan IAIN Pontianak sudah memasuki tahap finishing dan siap dibuka awal Oktober 2020. “Saat ini di bulan September masih berada di tahap finishing untuk pembukaan perpustakaan di awal Oktober , masih ada beberapa yang perlu dibenahi mulai dari penataan rak, penyusunan buku-buku, susun atur meja petugas, dan kebersihan”, ujar Slamet Widodo, M.I.Kom.

Kepala Pusat Perpustakaan, Slamet Widodo, M.IKom menjelaskan bahwa mulai awal Oktober tahun 2020 akan mulai membuka layanan peminjaman dan pengembalian buku. Situasi saat ini menyebabkan perpustakaan masih ditutup dan dalam penyesuaian akan tetap mengikuti protokol kesehatan. Pusat perpustakaan akan menggunakan sistem tertutup dimana mahasiswa harus memesan buku yang ingin dipinjam dengan mengisi judul buku, penerbit, dan diserahkan kepada petugas perpustakaan lalu petugas itu sendiri yang akan mencari buku apa saja yang hendak dipinjam sesuai dengan pemesanan.

“Jumlah pengunjung akan dibatasi dengan melihat daya tampung di perpustakaan dan menjaga ‘sentimeter safety’ yaitu sejumlah 21-30 pengunjung dalam satu waktu”, tutur Slamet Widodo. Adapun tujuan dari pembatasan jumlah pengunjung adalah sebuah upaya untuk menghindari mahasiswa yang datang berkerumun ke perpustakaan agar dapat memutus rantai penyebaran covid-19. Dalam hal ini protokol kesehatan menjadi hal yang wajib untuk digunakan ketika memasuki wilayah perpustakaan di masa pandemi covid-19 ini.

Masih dengan visi dan misi yang sama seperti tahun-tahun sebelumnya, perpustakaan IAIN Pontianak yang juga merupakan jantung kampus ini dikelola oleh kurang lebih 13 SDM yang dikepalai oleh Slamet Widodo, M.IKom. Adapun staf-staf perpustakaan IAIN Pontianak yakni Fahrizandi, S.Ag., SS., M.Pd, Halwiyah, S.Ag, Ida Nurida, S.Ip.,M.Si, Tatik Hartatik, M.Ip, Ibrahim, S.H, H. Kurniadi, S.Ip, Dr. Fauziyah, Dr. M. Hardi,M.Si, Jamilah, A.Md, Zulmi, S.T, Anuardi, S.Pd.I, Agus Rizki, S.E.

Selaku kepala pusat perpustakaan IAIN Pontianak, Slamet Widodo, M.Ikom memaparkan mengenai koleksi perpustakaan IAIN Pontianak. “Untuk koleksi perpustakaan hingga 2019 terdapat 15.874 eksemplar judul dengan jumlah 51.613 eksemplar. Adapun sumber pengadaan koleksi perpustakaan ini yaitu yang pertama dapat dari dana Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) dan yang kedua dari sumbangan tidak mengikat seperti dari donatur, penerbit, dosen (disertasi, tesis, dan karya lainnya), mahasiswa (tidak diwajibkan)”, papar Slamet Widodo. Tak hanya memaparkan tentang koleksi perpustakaan, kepala pusat perpustakaan juga menyebutkan mengenai jumlah pengunjung perpustakaan hingga tahun 2019 yakni terdapat 64.640 orang pengunjung.

Adapun fasilitas yang terdapat di pusat perpustakaan IAIN Pontianak yaitu berbagai macam buku tentang keislaman dan buku-buku tentang umum lainnya yang sesuai dengan kebutuhan mahasiswa, jaringan wi-fi, jurnal tercetak, koran, IAIN Corner (koleksi karya ilmiah civitas akademika seperti tesis dan disertasi), BI corner, bimbingan literasi (pelatihan Referensi Manajemen Software).

Penulis: Bambang Eko Priyanto, Khairunisah dan Faninnurbani
Editor: Omar Mukhtar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here